Enam Fraksi DPRD Taput Sejutui RPJMD Tapanuli Utara

fraksi di DPRD Taput

topmetro.news – Enam fraksi di DPRD Taput akhirnya menyetujui Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Tapanuli Utara, Tahun 2019-2024, pada rapat paripurna DPRD, Selasa (5/11/2019), di Tarutung.

Namun demikian, lima fraksi juga menyampaikan sejumlah catatan penting. Di antaranya Fraksi Garda Persatuan berpendapat agar pemerintah memprogramkan peningkatan mutu tenaga pengajar serta penuntasan kurikulum yang merata di semua tingkat sekolah.

Di sektor kesehatan, fraksi ini memperjelas tentang keberadaan dokter hasil penerimaan tahun 2018. Salah satunya dokter sudah tidak berada lagi di UPT Puskesmas Kecamatan Garoga.

Pemerintah juga disarankan, supaya menempatkan orang yang tepat pada perencanaan. Khususnya dalam pembangunan infrastruktur wilayah.

Sementara Fraksi Golkar menyarankan agar pemerintah segera mengevaluasi para pendamping desa. Sekaligus melakukan pelatihan-pelatihan dalam rangka peningkatan kualitas dan integritas pendamping desa.

Kemudian, Pemkab Taput disarankan agar lebih mengutamakan jalan utama penghubung antar desa tertinggal.

Apresiasi Pengembangan Ikan Tawar

Namun fraksi ini juga mengapresiasi atas upaya pemkab melakukan pengembangan ikan tawar di kawasan Pahae. Yang menurut fraksi ini jika dilakukan optimal, kebutuhan ikan tawar di kabupaten Tapanuli Utara dapat terpenuhi.

Sementara Fraksi PKB menyarankan agar setiap OPD lebih serius menggali PAD meliputi potensi pajak daerah, dan retribusi.

Fraksi Nasdem menyarankan agar segera dicari lahan baru untuk lapangan, bila mengingat Lapangan Serbaguna Tarutung dinilai tidak memadai. Dan segera diprogramkan pembukaan jalan interkoneksi dengan Tapanuli Tengah melalui Kecamatan Purba Tua. Serta kajian kembali terhadap pemberlakuan zonasi pada penerimaan siswa baru.

Fraksi PDIP sebagai pendukung pemerintah, mengharapkan agar pemerintah menambah alokasi anggaran yang cukup besar untuk sektor pertanian.

Fraksi Hanura Melunak

Fraksi Hanura pada pemendangan umum fraksi sebelumnya sangat tajam menyoroti nota pengantar RPJMD, akhirnya menerima dan menyetujui RPJMD.

“Komitmen, berarti bahwa kita dan seluruh stake holder yang ada harus mampu membangun komitmen yang kuat untuk menyempurnakan pencapaian tujuan RPJMD,” sebut fraksi ini pada pendapat akhir fraksi.

Sidang pun diakhiri dengan penandatanganan nota kesepakatan antara legislatif dan eksekutif dengan menyetujui RPJMD.

Pantauan lain, paripurna kali ini sudah berjalan dengan tertib, dibanding sebelumnya. Para pimpinan OPD dan pejabat unit di bawahnya pun sudah ‘menyimak’ dan terlihat duduk rapi di bahagian belakang ruangan Gedung DPRD Taput.

reporter | Jan Piter Simorangkir

Related posts

Leave a Comment