Ucapkan Selamat kepada 109 Kades, Ketua DPD KNPI Rafdinal Maliki Ajak Warga Bangun Batubara

Pilkades Serentak

topmetro.news – Pilkades Serentak Tahun 2019 di 109 dari 141 desa se-Kabupaten Batubara telah usai dilaksanakan, Kamis (14/11/2019) kemarin. Pilkades tergolong sukses ini sejatinya pasti menyebabkan munculnya rasa puas atau tidak puas. Baik dari para calon kades, para pendukung, maupun tim pemenangan.

Itu sebabnya, Ketua DPD KNPI Batubara Rafdinal Maliki SE, yang sengaja ditemui media ini usai memimpin rapat koordinasi kecil antar pengurus organisasi yang ia pimpin di One Coffee, Jalan Perintis Kemerdekaan, Kelurahan Limapuluh, Batubara, Jumat (15/11/2019) pukul 20.00 WIB, mengajak seluruh masyarakat desa agar tidak lagi memperpanjang perdebatan yang sempat timbul karena perbedaan pilihan.

Ornamen Demokrasi

“Kalau bisa perdebatan antar sesama warga desa yang melaksanakan Pilkades kemarin, hendaknya langsung bisa berakhir. Jangan diperpanjang lagi. Sebab kalah menang dalam sebuah kontestasi politik itu biasa. Dan sebagai generasi muda kami berharap kiranya para orang-orangtua kami di desa akan tetap menjadi motor pendingin suasana yang kemarin sempat menghangat,” harapnya.

“Saya rasa sudah nggak musim lagi ribut-ribut hingga jadi pertikaian panjang cuma karena persoalan beda pilihan dalam politik. Politik itu adalah sebuah ornamen dalam proses berdemokrasi. Dan demokrasi itu ialah cara bermufakat melalui sebuah sistem. Maka rugi jika hanya gara-gara sistem kita saling tidak bertegur sapa dan malah bermusuhan antar sesama keluarga dan juga dengan para tentangga dan kerabat kita,” bilangnya.

Oleh karenanya, Kiky Chan demikian panggilan akrab Rafdinal Maliki, minta para calon kades yang belum terpilih agar mau berbesar hati dan bisa menerima kekalahan dengan lapang dada. Sedang kepada calon kades terpilih, dia pun berharap agar tidak menjadi sombong dan tinggi hati.

“Calon kades yang terpilih harus mau merangkul seluruh warga termasuk calon kades yang belum beruntung terpilih berikut pendukungnya. Guna terus bersama-sama bersinergi membangun desa di kabupaten bertuah yang kita cintai ini. Dalam kesempatan ini tak lupa kami sangat berapresiasi kepada seluruh pihak yang sudah berperan dalam mensukseskan perhelatan Pilkades kali ini,” ucap Kiky

Kiky menganggap bahwa suksesnya Pilkades tidak terlepas dari peran aktif Polres Batubara, yang mengerahkan 218 personil guna mengawal serta mengamankan jalannya pelaksanannya.

Selanjutnya tak lupa pula, Kiky mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pemkab Batubara yang sudah melahirkan sebuah regulasi sebagai payung hukum. Sehingga Pilkades Serentak Tahun 2019 dapat terlaksana dengan baik dan sukses.

Regulasi Pilkades

Meski terbilang sukses, namun Kiky menilai bahwa kedepan penyelenggaraan Pilkades serentak masih perlu penyempurnaan. Terutama terkait regulasi sebagai payung hukum. Sebagai contoh disebutkan Kiky terkait rentang waktu pemungutan suara yang dinilai masih sempit. Terlebih bagi desa dengan jumlah pemilih yang besar.

Apalagi di beberapa desa sempat ada terjadi keributan kecil karena warga tidak diperkenankan menggunakan hak pilih. Panitia berdalih waktu pemungutan suara telah habis pukul 14.00 WIB. Selain masalah waktu yang sempit, Kiky melihat keributan kecil juga terjadi akibat warga desa yang ikut memilih pada Pileg dan Pilpres 2019 namun namanya tidak tercantum pada DPT Pilkades.

Sebab itulah Kiky berharap, usai perhelatan Pilkades Tahun 2019, Pemkab Batubara melakukan evaluasi mendalam. Diharapkan agar pada regulasi berikutnya dicantumkan dengan jelas sanksi bagi pelanggar aturan Pilkades.

Ke depan Kiky mengusulkan agar pelaksanaan pemungutan suara dilaksanakan di masing-masing dusun. “Setelah selesai, kotak suara dibawa ke balai desa untuk dilakukan penghitungan,” usul Kiky.

reporter | Bima IS Pasaribu

Related posts

Leave a Comment