PN Medan Luncurkan Channel Youtube dan Layanan Bang Adil

Layanan Bang Adil

topmetro.news – Pengadilan Negeri (PN) Kelas IA Khusus Medan meluncurkan layanan berbasis online Channel YouTube dan ‘Layanan Bang Adil’ untuk mempermudah masyarakat mengakses informasi penelusuran, persidangan menarik perhatian publik dan lainnya.

Hal itu dikemukakan Ketua PN Medan Sutio Jumagi Akhirno didampingi Wakil Ketua Abdul Azis dan Humas Tengku Oyong ketika menerima silaturahmi kalangan wartawan yang biasanya meliput berita di PN medan, Jumat(14/2/2020).

Layanan Bang Adil adalah salah satu bentuk perkembangan dari Program Digital Mandiri yang sebelumnya sudah ada. “Kalau dulu kita punya yang namanya digital mandiri yang ada di pojok-pojok lorong PN Medan itu. Kemudian kita kembangkan menjadi Bang Adil,” ujarnya.

Selain itu publik maupun warga pencari keadilan dapat mengakses informasi pelayanan seputar pengadilan dengan menggunakan aplikasi WhattsApp (WA) dengan nomor 081265147940. Tanpa harus datang ke pengadilan.

“Masyarakat tanpa datang ke pengadilan pun bisa mengakses Bang Adil. Masyarakat juga cukup mengakses nomor handphone itu dengan ketik: pidana. Akan keluar informasi pidana. Atau ketik perdata, maka akan keluar informasi perdata. Nanti ada lagi informasi lainnya. Misalnya ongkos perkara proses pendaftaran akan keluar informasi,” urai Sutio.

Sidang di Channel YouTube

Pengadilan Kelas I A Khusus tersebut juga mencoba membuka Channel YouTube. Misalnya membagikan video-video persidangan menarik yang ada di PN Medan. Layanan informasi berbasis online tersebut, imbuhnya, didasari karena dianjurkan oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (PANRB).

BACA | Oknum Hakim PN Medan Tegur Wartawan Karena tak Kalungkan Id Card

“Layanan baru ini untuk menindaklanjuti saran dari Kementerian PANRB. Supaya didekatkan antara masyarakat dengan pengadilan,” pungkas dia.

reporter | Robert Siregar

Related posts

Leave a Comment