Kadisdik BatuBara Ilyas: Bupati Harapkan tak Ada Lagi Sekolah Akreditasi C

sertifikat akreditasi

topmetro.news – “Berbagai program kegiatan yang telah dilaksanakan BAN S/M Provinsi Sumatera Utara. Salah satunya adalah terakreditasinya sekolah di Kabupaten Batubara. Dan dibuktikan pada hari ini, telah diserahkan kepada sekolah sekolah kita. Berupa pemberian sertifikat akreditasi kepada sekolah langsung oleh Ketua BAN S/M Provinsi Sumatera Utara Prof Subhilhar MA PhD.”

Hal tersebut dikatakan Kadis Pendidikan Kabupaten Batubara Ilyas Sitorus SE MPd, saat menyampaikan sambutan selamat datang kepada Ketua BAN S/M Prof Subhilhar MA PhD, pada penyerahan serifikat akreditasi kepada perwakilan SD dan SMP, di SMPN 3 Air Putih, Selasa (3/3/2020).

Ilyas mengatakan bahwa Bupati Batubara Ir H Zahir MAP, setelah mendengar masih ada sekolah di Batubara memperoleh Peringkat Akreditasi C, minta Kadisdik mencari tahu kenapa hal itu terjadi. “Tolong pelajari. Kalau perlu lakukan pembinaan teknis dalam hal akreditasi sekokah tersebut. Hadirkan narasumber yang tepat untuk itu. Seperti BAN S/M,” kata Ilyas menuturkan harapan bupati.

Jumpa Senior dan Sahabat

Masih menurut Ilyas bahwa berdasarkan Permendikbud No. 59 Tahun 2012 (pasal 1 ayat 2), Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah adalah badan evaluasi mandiri yang menetapkan kelayakan program dan satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah jalur formal. “Dengan mengacu pada standar nasional pendidikan,” ujar Ilyas.

Ilyas juga menyampaikan permohonan maafnya karena pada jam yang sama masih berada di pelantikan Pengurus Asosiasi Pengawas Seluruh Indonesia (APSI). Yang dilanjutkan dengan seminar terkait dengan ‘Merdeka Belajar’ Kabupaten Batubara.

Di samping itu, Ilyas terlihat sangat senang karena bertemu kembali dengan para seniornya. Sekaligus sahabat-sahabat lamanya semasa di Kanwil Depdikbud/Dinas Pendidikan Sumut.

Sementara Ketua BAN Sumatera Utara Prof Subhilhar MA PhD, didampingi Drs Hermansyur MSi, Mangasal Singarimbun SH, Drs Bahrizal MPd, Riris Simamora SE MAP dan tim lainnya mengatakan bahwa, hasil kerja BAN-S/M yang merupakan jenjang sebuah akreditasi satuan pendidikan sangat perlu diketahui masyarakat. Guna memperoleh informasi tentang status dan peringkat akreditasi sekolah/madrasah yang bersangkutan.

“Selamat kepada sekokah yang memperoleh predikat akreditasi A dan B di Kabupaten Batubara,” ujarnya.

Sosialisasikan Akreditasi

Subhilhar juga berpesan kepada sekolah yang telah mendapat akreditasi agar segera mensosialisasikannya. Masyarakat perlu memperoleh informasi tentang status dan peringkat akreditasi sekolah/madrasah. Untuk itu, hasil akreditasi perlu disosialisasikan bersama-sama baik oleh BAN-S/M dan BAP-S/M maupun sekolah yang bersangkutan kepada masyarakat. Kegiatan sosialisasi dilakukan dapat melalui media massa, website, dan media lainnya. Termasuk pada saat pertemuan dengan orangtua atau masyarakat luas

Di akhir sambutannya, Subhilhar sangat menyambut baik harapan Bupati Batubara. “Yang merupakan sahabat baik saya sebagaimana yang disampaikan Kadisdik Batubara Ilyas, yang akan melaksanakan pembimbingan secara teknis kepada sekolah. Khusus bagi sekolah yang masih memperoleh peringkat akreditasi C, dengan mengundang Tim BAN S/M Provinsi untuk membantu proses kelengkapan administrasi dan sejenisnya dalam keperluan akreditasi ke depannya. Kami sambut baik itu dan salam hormat untuk Pak Bupati. Kami juga berharap agar sekolah-sekolah di Sumatera Utara ini peringkat akreditasinya minimal B,” tutup Subhilhar.

reporter | Bima Pasaribu

Related posts

Leave a Comment