Anggota Mapolres Aceh Singkil Buat Antiseptic Pengganti Hand Sanitizer

Virus Corona melanda

topmetro.news – Susah, mahal dan langkanya hand sanitizer (pembersih tangan) semenjak wabah Virus Corona melanda, membuat salah seorang anggota Polri berpangkat Iptu biasa disebut Abdul Malik yang bertugas di Mapolres Aceh Singkil membuat antiseptic alami dan rumahan.

Hal ini dilakukan oleh Malik untuk dapat membantu sesama dalam hal mendapatkan antiseptic pencegah merebaknya Virus Corona.

“Hari ini saya bersama beberapa orang mencoba membuat antiseptic pengganti hand sanitizer dari bahan daun sirih dan jeruk nipis,” kata Malik, Rabu (25/3/2020).

“Menurut info yang saya ketahui, bahwa kedua bahan ini juga sama manfaatnya dengan pembersih tangan yang banyak kita temui di rumah sakit. Kita uji coba dulu membuatnya sebanyak enam galon,” sambung dia.

Antiseptic Modal Murah

Menurut Abdul Malik, kegunaannya dapat mencegah penyebaran virus. “Dengan mencuci tangan menggunakan air rebusan daun sirih dapat membunuh kuman,” jelas Malik.

“Dengan modal murah meriah, siapa pun bisa membuatnya,” masih sebut Malik.

BACA JUGA | Iptu Malik Kembali Bagi Al-Qur’an untuk Tahanan di Mapolres Aceh Singkil

Malik pun kemudian ditanya, kenapa dirinya kepikiran membuat ramuan antiseptic itu. Dia mengatakan, berawal saat dirinya melihat banyak masyarakat yang pergi ke masjid untuk melaksanakan ibadah. Dan sangat rentan sekali terkena kuman.

“Dalam pembuatannya inisiatif saya sendiri. Soalnya banyak warga pergi ke masjid. Jadi ramuan ini bisa digunakan para masyarakat tersebut, untuk melindungi diri dari kuman,” tutur Malik.

reporter | Rusid Hidayat Berutu

Related posts

Leave a Comment