Kepdes Ujung Sialit Aceh Singkil Dianggap Otoriter dan Nepotisme

masyarakat Desa Ujung Sialit

topmetro.news – Ratusan masyarakat Desa Ujung Sialit Kecamatan Pulau Banyak Barat Kabupaten Aceh Singkil membuat surat keberatan atas kebijakan kepala desanya yang dianggap berlaku KKN dalam merekrut perangkat desa.

Hal ini dilakukan para masyarakat terhadap kepala desa yang baru tiga bulan terlantik. Kepala desa itu dinilai berlaku tidak transparan dalam penyeleksian perangkat desa sesuai surat penegasan Bupati Aceh Singkil pada tahun 2019 lalu.

Menurut keterangan salah seorang tokoh masyarakat setempat yang tak mau disebutkan namanya, dirinya bersama ratusan warga lainnya memprotes keras kebijakan kepala desanya yang diduga berlaku sistem otoriter dan sepihak.

“Kami sudah melayangkan surat protes kepada yang bersangkutan dengan dilampirkan ratusan bubuhan tanda tangan masyarakat. Dengan ditembuskan ke bupati, DPRK serta instansi lain,” katanya, Selasa (7/4/2020).

Selain tidak dilakukan sistem perekrutan, kepala desa juga mengangkat perangkat desa adalah dari keluarga dekatnya sendiri.

“Ia juga telah memberhentikan sekretaris desa dengan alasan yang tidak jelas. Yang dimana kami melihat bahwa kinerja sekretaris desa tersebut sangat baik dan profesional,” tuturnya.

“Kami berharap kepada Bupati Aceh Singkil agar kebijakan dari kepala desa tersebut dapat dicabut dan diberi sanksi. Karena telah membuat masyarakat Desa Ujung Sialit resah,” sambungnya.

Perlu diketahui bersama, kata dia, sistem penjaringan pengangkatan perangkat desa tidak sesuai aturan dan mengedepankan asas kekeluargaan sendiri. Ia juga menambahkan bahwa para masyarakat yang meneken surat keberatan diintervensi oleh kepala desa bersangkutan.

“Selain tidak mengindahkan sistem penjaringan yang transparan juga ada perangkat desa yang diangkat hanya memiliki ijazah SMP. Dan telah berumur lebih dari 42 tahun,” imbuhnya.

Tunggu Respon Kepala Desa

Sementara itu Camat Pulau Banyak Barat Mawardi menjelaskan bahwa surat tembusan dari warga Desa Ujung Sialit itu sudah diterima. “Benar surat tembusan sudah kita terima. Tinggal kita tunggu dulu respon dari kepala desa bersangkutan. Mengingat surat yang dilayangkan masyarakat tersebut ke kepala desa,” kata Mawardi.

“Mengenai cara perekrutan yang dilakukan kepala desa bersangkutan saya tidak mengetahui apakah sesuai prosedur atau tidak. Namun saat itu kepala desa mengirimkan nama-nama yang diangkat menjadi perangkat desanya. Setelah itu kita keluarkan rekomendasi,” katanya.

“Apabila nanti kepala desa tidak mengindahkan permintaan warganya itu atau tidak ada penyelesaian di desa. Maka kita dari pihak kecamatan akan menyurati dan memanggil kepala desanya untuk klarifikasi,” tutup Mawardi.

reporter | Rusid Hidayat Berutu

Related posts

One Thought to “Kepdes Ujung Sialit Aceh Singkil Dianggap Otoriter dan Nepotisme”

  1. Herdianus

    Harapan saya sebagai masarakat Desa. Ujung Sialit. Kepada Bapak Kepala Desa yang ter (HORMAT)
    Sebagai Pemimpin desa/kpl Desa agar lebih bijak sana dan profesional dalam menjalankan pemerintahan dengan adil, benar, dan sesuai peraturan perundang-undangan yang telah di terbitkan/atau di tetapkan oleh pemerintahan Pusat, Daerah, serta wilayah. Supaya Desa kita tercapai kedamaian, Kesejahteraan dan ke Suksesan dengan Nilai- nilai kebanggaan yang Baik dan di inginkan dan sukai oleh semua orang. Jadilah pemimpin bagi keseluruhan Masyarakat semua tampa Membeda-bedakan apapun itu dia. Trimakasih…YAAHOWU.

Leave a Comment