Kebakaran Kapal Tanker Telan 7 Korban Jiwa, 2 Jenazah Sudah Dikenali

kebakaran kapal tanker

TOPMETRO.NEWS – Peristiwa kebakaran kapal tanker di Belawan, masih menyisakan duka mendalam. Jumlah korban meninggal dunia akibat peristiwa kebakaran kapal tengker MT Jagleela di Galangan milik PT Waruna Nusa Sentana Shipyard Belawan itu dilaporkan sudah 7 orang, 5 diantaranya belum dikenali.

7 Tewas Akibat Kebakaran Kapal Tanker

AKBP MP Nainggolan, Kasubbid Penmas Polda Sumut mengatakan, sampai hari ini jumlah korban yang meninggal mencapai 7 orang.

“Yang kita tangani atau yang sudah di Rumah Sakit Bhayangkara sebanyak 7 jenazah,” kata Nainggolan, Selasa (12/5/2020).

Ada yang Sudah Gosong

Kata dia, 7 jenazah yang sudah di rumah sakit milik Polri itu, 5 diantaranya tidak bisa dikenali karena sudah keadaan gosong.

“Ya kabarnya sudah 2 jenazah dikenali, sementara yang 5 lagi belum, karena kondisi tubuhnya sudah gosong semua,” terangnya.

Masih Nainggolan, sampai hari ini pihak Rumah Sakit Bhayangkara masih melakukan penyelidikan terhadap aseluruh jenazah korban kebakaran kapal tanker itu.

“Penyelidikan dengan cara memakai alat post martem dan ante mortem,” ucapnya.

Dia menjelaskan, post mortem merupakan data yang ditemukan dari jenazah. “Sedangkan ante mortem data semasa almarhum hidup yang diberikan dari keluarga korban, teman ataupun dokter berupa gigi, DNA dan rambut,” ucapnya.

6 Keluarga Sudah Melapor

Nainggolan menyebutkan, sampai saat ini sudah 6 keluarga yang melapor kepada pihak kepolisian.

“Masih 6 keluarga yang melapor,” terang dia.

Untuk itu, dia berharap agar keluarga yang merasa kehilangan anggota keluarga segera mendatangi kepolisian. “Kita masih menunggu keluarga untuk membuat laporan,” ucapnya.

Dia mengatakan kalau, 22 korban lula-luka akibat kebakaran itu dirawat di rumah sakit di Kawasan Belawan. “Kita (RS Bhayangkara) hanya menangani yang meninggal karena kita ada tim forensik,” sebut dia.

Polisi Selidiki Kasus Kebakaran Kapal

Pihak kepolisian masih bekerja melakukan penyelidikan untuk mencari tahu pasti penyebab kebakaran. “Masih lidik,” terang dia.

Sementara, Tim Disaster Victim Identification (DVI) Polda Sumatera Utara berhasil mengidentifikasi dua dari tujuh korban meninggal dunia, yang dievakuasi dari kapal Tanker Jagleela.

Dua korban merupakan kakak beradik masing – masing bernama Bahtiar Siregar (28) dan M Nurkasim Siregar (35). Keduanya juga telah diserahkan kepada pihak keluarga di kamar jenazah Rumah Sakit Bhayangkara Medan, Selasa (12/5/2020) siang.

ARTIKEL UNTUK ANDA | Untung Ada TNI, Bersama Warga, NKRI Utuh Terjaga

Sepupu korban, Ahmad Rianda mengatakan, kedua korban bisa dikenali melalui ciri – ciri gigi dan juga pakaian yang dikenakan korban saat peristiwa kebakaran.

“Yang ditanya ciri ciri korban dari gigi. Kemudian dari celana korban mengenakan celana kolor bola,” ucap warga Gang Rantang Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang.

2 Korban Tukang Las Kapal

Dikatakan Rianda, keduanya merupakan pekerja kontraktor yang berprofesi sebagai tukang las kapal Japleela yang masih dalam proses perbaikan. Korban Nurkasim sendiri sudah bekerja selama 9 tahun.

“Kalau kakaknya sudah 9 tahun bekerja sebagai tukang las. Kalau adiknya saya kurang tahu,” katanya.

Usai diserahkan kepada pihak keluarga, jenazah korban rencana langsung dimakamkan hari Selasa (12/5/2020). Sementara satu anggota keluarga mereka yang selamat Dahrul Daim Siregar (30) sekarang dirawat di Rumah Sakit Pelindo Citra Husada Belawan.

Maka, sampai saat ini masih ada lima korban lagi yang belum teridentifikasi. Saat ini, masih berlangsung proses autopsi oleh tim dokter RS Bhayangkara Medan.

Seperti diketahui, Kapal tengker MT Jagleela di Galangan milik PT Waruna Nusa Sentana Shipyard Belawan, kebakaran, Senin (11/5/2020). Akibat kejadian ini, sejumlah pekerja kapal mengalami luka-luka bahkan ada yang meninggal dunia.

Jenazah korban kebakaran kapal tengker Jagleela saat dievakuasi di Rumah Sakit Bhayangkara, Selasa (12/5/2020).

BACA SELENGKAPNYA | Beredar Kabar, Petugas Temukan 4 Jenazah di Kapal Tanker Terbakar

Seperti diwartakan TOPMETRO.NEWS sebelumnya, pasca Kapal tanker terbakar di galangan kapal PT Waruna Shipyard Indonsia, Belawan Senin pagi (11/5/2020) Tim Evakuasi menemukan kembali empat jenazah korban kebakaran kapal tanker MT Zag Leela itu.

Keempat orang jenazah yang ditemukan di galangan kapal PT Waruna Shipyard Indonsia.

Empat korban yang belum teridentifikasi ini ditemukan di salah satu dek kapal dan terbenan di lumpur.

Reporter | Dedi

Related posts

Leave a Comment