KombatKBB Dukung Program Diakoni Sosial HKBP Pojok Cimahi

kbb-3

TOPMETRO.NEWS – Relawan Tanggap Covid-19 Komunitas Batak Bersahabat se-Kabupaten Bandung Barat (KombatKBB) menyalurkan bantuan bahan pokok (bapok) berupa 400 Kg beras (16 karung kemasan 25 Kg) kepada HKBP Resort Cimahi, Jalan SM Raja (Pojok) Kota Cimahi.

Komunitas Batak Bersahabat Salurkan Bantuan Dermawan

Bantuan beras itu diperoleh KombatKBB dari dermawan, seorang tokoh Batak yang berdomisili di Bandung Raya. Penyerahan bapok bertempat di Sekretariat Diakoni Sosial HKBP Resort Cimahi, Jalan SM Raja (Pojok) Kota Cimahi, yang diterima Pdt B Lumbantobing, sebagai Pendeta Resort HKBP di Cimahi, Senin (18/5/2020).

Seperti diketahui, banyak etnis Batak warga Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang terdaftar sebagai anggota jemaat HKBP Jalan SM Raja (Pojok)Kota Cimahi itu.

Pendeta Tobing mengaku bersyukur dengan adanya bantuan beras dari KombatKBB ini, apalagi belum diketahui secara pasti kapan darurat pandemi Covid-19 ini dinyatakan dicabut pemerintah.

“Bantuan beras ini akan menjadi pemacu langkah Diakoni Sosial HKBP Ress. Cimahi Jalan SM Raja (Pojok) menggalakkan Penyaluran Bantuan Aksi Peduli Sesama Tahap Kedua kepada jemaat yang paling terdampak pandemi Covid-19,“ kata BL Tobing, Senin (18/5/2020).

Patuh Imbauan Pemerintah

Dia mengaku gereja HKBP Ress Cimahi Jalan SM Raja sudah menyalurkan bapok tahap I yang ditutup per tanggal 14 Mei 2020 lalu.

Penyaluran bapok tahap I itu diberikan kepada 70-an jemaat yang paling terdampak, termasuk mendistribusikan juga paket bapok kepada 80-an KK warga sekitar dalam rangka menyambut Idul Fitri 1441 H Tahun 2020.
Pendeta B. Lumbantobing berharap pandemi Coivd-19 segera berlalu.

Dia menegaskan gereja khususnya HKBP Ress Cimahi Jalan SM Raja senantiasa tanggap dan patuh atas imbauan pemerintah.

“Saat kondisi begini, semoga jemaat sungguh-sungguh untuk selalu berpegang teguh penyertaan belas kasih Tuhan dalam setiap langkah dan kehidupan, “ ujar Tobing.

kbb-2
Penyerahan bantuan bapok kepada warga KBB yang paling membutuhkan.
foto kiriman | desmanjon

Kepedulian Sosial bagi Masyarakat

KombatKBB sebelumnya sudah menyalurkan langsung 100 paket bapok kepada warga KBB yang paling terdampak. Selain menyalurkan bapok, KombatKBB juga membagikan masker gratis kepada warga di KBB dan menyosilisasikan protokol pencegahan penularan Covid-19 melalui media spanduk dan media lainnya.

KombatKBB diinisiasi aktivis muda Batak di KBB seperti Desmanjon Purba, AK Gultom, Hotma Limbong, Risbentua Panjaitan, dan lain-lain untuk gerakan tanggap Covid-19, pada 10 April 2020 lalu di KBB.

Hal lainnya, kata Desmanjon Purba sebagaimana dalam siaran persnya yang diterima TOPMETRO.NEWS, KombatKBB yang mayoritas Kristen juga aktif bergotongroyong dengan warga KBB khususnya Tim Relawan Covid-19 GBR 3 Desa Cilame, KBB yang mayoritas Muslim. KombatKBB ikut mendukung program Relawan GBR 3 yang telah mendirikan checkpoint swadaya warga (Pos Pantau) di gerbang masuk perumahan dekat Perkantoran Pemerintahan KBB itu.

kbb-1
Bergotongroyong bertugas di lokasi check point  swadaya warga kawasan GBR3 Cilame. foto kiriman | desmanjon

Periksa Suhu Tubuh

Di Pos Pantau Tim Relawan Covid-19 GBR 3 tersebut para petugas akan memeriksa suhu tubuh setiap pelintas dengan thermogun sekaligus menyemprotkan handsanitizer ke telapak tangan pelintas/pengendara yang tidak menggunakan sarung tangan.

Memastikan pelintas menggunakan masker serta memeriksa setiap pelintas, barang paket dan kendaraan yang memasuki kawasan GBR 3 dan kampung di sekitar perumahan itu.

Handling mobil yang masuk kawasan GBR 3 akan disemprotkan desinfektan. Sekretariat Relawan Covid-19 GBR 3 Cilame menjadi stop point pengiriman paket barang untuk didata dan disterilisasi meluai penyemprotan desinfektan.

“Di pos ini, petugas selalu menyosialisikan protokol pencegahan penularan Covid-19 kepada warga untuk disiplin menggunakan masker, jaga jarak dan hindari kerumunan, cuci tangan sesering mungkin, dan tingkatkan daya tahan (imun) tubuh, “papar pegiat pers, Desmanjon.
Tim Relawan Covid-19 GBR 3 juga melakukan penyemprotan desinfectan secara periodik ke seluruh kawasan GBR 3 Cilame.

Dukungan dari H Erlof Hasibuan, Dkk.

Dukungan moril dan materil untuk program Tanggap Covid-19 KombatKBB terus mengalir. Selain dari warga KBB etnis Batak, bantuan juga diperoleh dari luar etnis Batak. tokoh Batak dari Kota Cimahi dan tokoh di Kota Bandung juga ikut menyalurkan bantuannya melalui Kombat KBB.

ARTIKEL UNTUK ANDA | Untung Ada TNI, Bersama Warga, NKRI Utuh Terjaga

Minggu (17/5/2020) malam, KombatKBB bersama tokoh masyarakat KBB, Saiful Ipunk juga menerima bantuan bahan pokok berupa 100 bungkus beras kemasan 5 kg dengan total 500 kg dan 15 dus mie instan dari Ketua Ikatan Warga Singgasana Pradana (Ikawarna) Kota Bandung, H. Erlof Hasibuan, dkk.

‘’Dari bang Haji Erlof ini, sebanyak 23 paket disalurkan langsung oleh Pak Ipunk, 20 paket diberikan untuk disalurkan Ketua RT 06/RW 25 Desa Cilame, dan 57 paket disalurkan langsung Kombat KBB,’’ kata H Limbong, Bidang Logistik dan Keuangan KombatKBB.

BACA SELENGKAPNYA | Warga Deliserdang Masih Banyak yang Belum Terima Bantuan Covid-19

Seperti diwartakan topmetro.news sebelumnya, Pemkab Deliserdang didesak agar memperhatikan nasib sejumlah warga, khususnya di Desa Sugiharjo, Kecamatan Batangkuis yang belum mendapatkan bantuan sosial terkait pandemi Covid-19 (Virus Corona).

Desakan itu disampaikan Wakil Ketua LSM Tipikor Indonesia Kabupaten Deliserdang JC Siburian, Senin (20/4/2020), di Batangkuis. Hal itu, menyusul masih adanya warga di Dusun III, Desa Sugiharjo yang belum mendapatkan bantuan.

Reporter | Jeremitaran

Related posts

Leave a Comment