Temuan Mortir Sisa Perang Dunia II di Aek Huta Simalungun Diledakkan

mortir peninggalan perang dunia

topmetro.news – Sebuah mortir diduga sisa peninggalan perang dunia ke II ditemukan warga di areal perladangan Aek Huta di Dusun Bandar Hinalang Kecamatan Purba Kabupaten Simalungun, Minggu (31/5).

Temuan ini kemudian ditindaklanjuti Satuan (Sat) Brimob Polda Sumut.

Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Sumut, Kombes Pol Abu Bakar Tertusi melalui Kasubden Jibom AKP Daud Pelawi mengatakan, Unit Jibom Detasemen Gegana Sat Brimob Polda Sumut yang dipimpinnya tiba di lokasi temuan pada pukul 12.35 WIB, setelah sebelumnya melakukan koordinasi dengan Kapolsek Purba AKP Binsar Pakpahan untuk selanjutnya melakukan disposal.

Mortir Peninggalan Perang Dunia ke II Diledakkan

“Temuan bom mortir militer ini atas laporan dari masyarakat kepada kita,” katanya.

Setelah di lokasi, sambungnya, Unit Jibom kemudian menyiapkan bahan peledak yang akan digunakan untuk pendisposalan. Disposal dilaksanakan tepat pada pukul 13. 05 WIB dengan suara ledakan yang cukup keras.

“Soal mortir, kita tidak bicara umurnya baru atau tua, tapi aktif atau tidak, ini mortir masih aktif,” kata Kasubden Jibom AKP Daud Pelawi.

Baca Juga: Anggota Satgas Yonif Raider Khusus 136/Tuah Sakti Amankan 36 Butir Munisi, Mortir dan Roket

Dengan peralatan pelindung berupa helm, body vest dan bom blanket peralatan penjinak yakni Vulcan, kabel demolition, powgal, receiver, sumbu ledak, C4 dan detonator listrik. Kemudian peralatan pendukung berupa HT, Tas PBI, MegaPhone, Bendera, Senjata dilakukan pemusnahan dan penguraian terhadap mortir peninggalan perang dunia ke II tersebut.

“Setelah pendisposalan, kembali dilakukan pengecekan dengan hasil bom militer itu dalam kondisi hancur,” pungkasnya.

Mortir yang ditemukan di areal perladangan masyarakat, Minggu (31/5/2020) pagi.

Reporter | Dedi

Related posts

Leave a Comment