Pastikan Bantuan JPS Tersalurkan, DPRD Sumut Kunker ke Samosir

Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting

topmetro.news – Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Samosir, Senin (8/6/2020). Dia didampingi beberapa anggota DPRD Sumut Dapil IX di antaranya Jubel Tambunan SE, Pantur Banjarnahor, Victor Silaen SE MM, Irwan Simamora SH, dan Junius Taripar Hutabarat.

Rombongan Ketua DPRD Sumut disambut langsung Bupati Samosir Drs Rapidin Simbolon MM di ruang kerjanya. Bupati didampingi Sekdakab Samosir Jabiat Sagala, Asisten I Mangihut Sinaga, Asisten III Lemen Manurung, Inspektur Samosir Gomgom Naibaho, Kepala Bappeda Rudi SM Siahaan, dan Kepala BPBD Mahler Tamba.

Baskami Ginting dalam sambutannya menyampaikan bahwa kunjungan kerja itu dalam rangka pendampingan dan pengawasan terhadap pendistribusian bantuan JPS (Jaring Pengaman Sosial) Pemprovsu dalam bentuk sembako dan BLT kepada warga Samosir yang terdampak Covid-19.

Kabupaten Samosir akan mendapat quota sebanyak 19.172 KK senilai Rp4.313.700.000. Masing-masing paket berupa beras, gula, minyak goreng dan mie instan senilai Rp225.000 per paket. Dalam hal ini Ketua DPRD berharap agar bantuan JPS tersebut benar-benar disalurkan dan tepat sasaran. Dan sesuai dengan prosedur yang sudah ditetapkan.

Dia juga mengapresiasi kinerja pemerintah dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dalam mempertahankan Kabupaten Samosir sehingga tetap pada Zona Hijau/Zero Covid-19.

Sementara para anggota DPRD Sumut menambahkan agar Pemkab Samosir segera menyalurkan bantuan JPS tahap satu tersebut sesuai prosedur, agar tidak terkendala untuk pencairan tahap kedua. Karena Pemprovsu dalam waktu dekat akan segera menurunkan bantuan tahap kedua.

Selain itu Pemkab Samosir juga diharapkan agar selalu berkoordinasi dengan pemerintah dan Gugus Tugas Provsu dalam menangani wabah pandemi Covid-19. Melihat dalam waktu dekat akan diberlakukan New Normal diharapkan Pemkab Samosir tetap memperhatikan anjuran protokol kesehatan. Sehingga Samosir tetap terbebas dari pandemi Covid-19.

Sambutan Bupati Samosir

Bupati Samosir Rapidin Simbolon dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan menyambut baik kunjungan ketua dan anggota DPRD Sumut itu. Dalam hal penanganan Covid-19 di Samosir, Tim Gugus Tugas bersama dengan Forkopimda terus bekerja ekstra dalam mengawasi para pengunjung di setiap pintu masuk menuju Samosir.

“Secara tegas kami pulangkan bagi para pengunjung yang tidak jelas tujuannya. Terlebih-lebih para pengunjung yang datang hanya untuk berwisata. Semua terkoordinir dengan baik dari para petugas yang jaga di pintu masuk. Sehingga Puji Tuhan, sampai saat ini Samosir masih terbebas dari pandemi Covid-19,” ujar bupati.

Lebih lanjut disampaikan bahwa penyaluran bantuan kepada masyarakat terdampak juga sudah dilakukan. Sebanyak 18.018 KK sudah mendapat BST dari Kemensos, 7.887 KK mendapat bantuan dari BLT Dana Desa, 895 KK dari APBD dan 6.000 paket bantuan penambah gizi dan vitamin.

Terkait bantuan JPS yang bersumber dari Pemprovsu, dana sebesar Rp4.313.700.000 sudah masuk ke rekening pertengahan Mei lalu. Hingga saat ini belum disalurkan karena masih dalam proses kelengkapan administrasi.

“Karena waktu yang diberikan Pemprovsu sangat singkat yaitu satu bulan. Maka dalam dua minggu ke depan, bantuan JPS tersebut akan segera disalurkan bagi 19.172 KK penerima berpedoman kepada Juknis dari Pemprovsu dan akan melibatkan Forkopimda Kabupaten Samosir dalam pemberian bantuan tersebut,” jelasnya.

sumber | Kominfo Samosir

Related posts

Leave a Comment