Bupati Asahan : Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pilkada Serentak 2020

Bupati Asahan

topmetro.news – Tingkatkan partisipasi pemilih pada Pilkada Asahan tahun 2020. Harapan tersebut disampaikan Bupati Asahan, H Surya BSc kepada KPU Asahan, Bawaslu Asahan dan jajarannya saat rapat antara Pemkab Asahan, Forkopimda, KPU dan Bawaslu di aula Mawar Kantor Bupati Asahan, Senin (13/7/2020).

Rapat dihadiri : Bupati Asahan, H. Surya BSc, Ketua DPRD Asahan, H. Baharuddin Harahap SH, Dandim 0208/AS, Letkol Sri Marantika Beruh, Kajari Asahan, Rahmat Purwanto SH, Kapolres Asahan, AKBP Nugroho Dwi Karyanto, Danlanal TBA, Letkol Dafri, Ketua KPU Asahan, Hidayat SP, Ketua Bawaslu Asahan, Siambaton SH dan OPD.

Kaban Kesbang Pol Asahan, Harry Naldo Tambunan SE mengatakan tujuan rapat untuk mengetahui perkembangan tahapan Pilkada serentak tahun 2020 di Asahan pasca peraturan KPU RI Nomor 5 Tahun 2020 tentang perubahan ketiga atas peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2019 tentang program dan penjadwalan penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020.

Harapan Bupati Asahan

H Surya dalam sambutannya berharap kepada seluruh pihak yang terkait dalam penyelenggaraan Pilkada untuk bekerja dengan intensitas tinggi dan mulia sehingga pemilihan Bupati/Wakil Bupati Asahan berjalan aman, adil, lancar dan demokratis. H Surya berharap penyelenggara pemilu (KPU dan Bawaslu) cepat mengevaluasi permasalahan yang terjadi melalui kerjasama dan koordinasi seluruh pemangku kepentingan.

“Pemilihan Kepala Daerah akan terlaksana dengan baik apabila kita menyatukan kesamaan gerak langkah dan mengsinkronisasikan persiapan Pemerintah Daerah, penyelenggara Pilkada maupun seluruh komponen yang terlibat,” kata H Surya.

Baca Juga: Bupati Asahan dan Forkopimda Jemput Kepulangan 216 PMI Asal Asahan

H. Surya berharap agar KPU sebagai penyelenggara dapat lebih meningkatkan kerjasama dengan gugus tugas percepatan penanganan covid-19 dan Dinas Kesehatan dalam penerapan protokol kesehatan terkait pencegahan penyebaran dan penularan covid-19 dengan ketat. Pastikan partisipasi kehadiran masyarakat dalam menentukan hak pilihnya tidak mengalami penurunan. KPU harus membuat aturan tentang kampanye Bupati dan Wakil Bupati Asahan agar visi dan misi pasangan calon dapat disampaikan dengan baik kepada masyarakat.

Saling Besinergi

Saya minta kepada instansi terkait Bakesbang Pol, Satpol PP, Disdukcapil, Dinas Kesehatan agar bersinergi dalam melaksanakan tugas sesuai tupoksi masing-masing. H. Surya mengatakan tingkat partisipasi masyarakat Asahan yang menggunakan hak pilihnya pada Pemilu Legislatif dan Presiden/Wakil Presiden tahun 2019 sangat baik. Hal ini hendaklah kita tingkatkan pada Pilkada ini sehingga proses memilih calon pemimpin Asahan 5 tahun yang akan datang secara langsung, umum, bebas, rahasia, damai bermartabat dapat terwujud.

Ketua KPU Asahan dan Ketua Bawaslu Asahan mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Asahan yang telah melaksanakan rapat ini. Dalam rapat ini kami dapat melihat kesiapan Pemkab Asahan dalam menghadapi Pilkada tahun 2020. Kami berharap unsur Forkopimda membantu proses Pilkada, sehingga kondusifitas, keamanan dan kelancaran Pilkada berlajan aman dan lancar.

Ketua DPRD Kajari dan Kapolres menyampaikan siap mendukung proses Pilkada tahun 2020. Unsur Forkopimda ini meminta agar penyelenggara dapat mensosialisasikan kepada masyarakat. Tentang tata cara menggunakan hak pilih dengan bai dan benar di TPS dengan menerapkan protokol kesehatan.

Reporter | Muhammad Adenan

Related posts

Leave a Comment