Dipukul Dolar AS, Rupiah Kian Terpuruk

Dipukul Dolar AS

TOPMETRO.NEWS – Rupiah dipukul Dolar AS. Sentimen yang menjadi penggerak rupiah bakal didominasi oleh sentimen eksternal. Pergerakan nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) diprediksi melanjutkan pelemahan pada perdagangan Kamis (16/7/2020).

Dipukul Dolar AS, Rupiah Melemah

Pada perdagangan Rabu (15/7/2020) mata uang Rupiah ditutup melemah 0,95% ke level Rp 14.588 per Dolar AS dari penutupan sebelumnya.

Sedangkan pada kurs tengah Bank Indonesia (BI) atau Jisdor, rupiah melemah 0,72% atau 104 poin menjadi Rp 14.616 per dolar AS, dikutip dari laman Bloomberg.

Berita Negatif Eksternal

Ekonom Bank Central Asia (BCA) David Sumual mengatakan, pelemahan rupiah didominasi banyaknya berita negatif dari eksternal. Mulai dari kabar ekonomi Singapura yang diklaim mengalami resesi, hingga data ekonomi di Eropa dan AS yang lesu.

“Angka inflasi AS juga sangat rendah, ditambah lagi ketegangan antara Negeri Paman Sam dan Negeri Tirai Bambu masih memanas. Di sisi lain, kasus Covid-19 juga masih terus bertambah,” kata David, Rabu (15/7/2020).

Tak Kuat Menopang Mata Uang Garuda

Terkait data neraca perdagangan Juni 2020 yang masih surplus, David mengaku tidak cukup kuat menjadi penopang penguatan mata uang Garuda. Apalagi aktivitas impor juga mulai bertumbuh, sehingga permintaan akan Dolar AS pun meningkat dari dalam negeri, sekaligus turut melemahkan Rupiah.

“Rupiah diperkirakan masih akan melemah tipis, dengan dominasi sentimen negatif dari eksternal,” imbuh David.

Prediksi dia, kurs Rupiah Kamis (16/7/2020) akan melemah tipis di rentang Rp 14.550 per Dolar AS, hingga Rp 14.650 per Dolar AS.

BACA SELENGKAPNYA | Dolar AS di Bawah Rp14.000, Rupiah Juara Asia!

Seperti diwartakan topmetro.news sebelumnya, nilai tukar Rupiah terhadap Dolar AS (Amerika Serikat) dilaporkan sempat menguat di kurs tengah Bank Indonesia (BI). Rupiah pun hijau di perdagangan pasar spot.

Pada Jumat (5/6/2020) silam, kurs tengah BI atau kurs acuan Jakarta Interbank Spot Dollar Rate/Jisdor berada di Rp14.100. Rupiah menguat 0,46% dibandingkan posisi hari sebelumnya.

reporter | Dpsilalahi
sumber/foto | Kontan/MataTelinga/okezone

Related posts

Leave a Comment