Google Paksa Ponsel dengan RAM 2 GB ke Bawah Jalankan Android Go

perangkat lunak Google

topmetro.news – Android Go merupakan perangkat lunak Google yang membidik penggunaan pada ponsel cerdas yang kinerjanya lemah. Di masa sebelumnya, Android sering dikaitkan dengan kinerja di bawah standar pada handphone.

Tetapi kesalahannya lebih pada pengiriman OEM perangkat keras yang lemah. Dengan diperkenalkannya Android Oreo, Google memperkenalkan versi ringan dari OS-nya yang dijuluki Android Go.

Tahun ini, dengan rilis Android 11, Google juga berharap ada varian Android 11 Go. Rupanya, ini akan menjadi pembaruan terbesar sejak awal program ini digelar.

Android 11 memberikan pengalaman dasar yang pas di smartphone dengan perangkat keras yang lemah alias miskin RAM. Sebagai bagian dari program Go-nya, perusahaan meluncurkan beberapa mitra Go dari aplikasi yang paling populer.

Sejak Android Go didirikan, perusahaan telah merilis beberapa ponsel supermurah dengan RAM 1 GB dan Android Edition Go. Hari ini, kita memiliki Galaxy A01 Core dari Samsung yang menampilkan Android 10 Go Edition.

Daftar ponsel Android Go dengan RAM 2 GB diyakini akan semakin bertambah karena Google mengubah kebijakan Android-nya. Mulai Q4 (kuartal empat) tahun ini, perusahaan mana pun yang merilis ponsel Android dengan RAM 2 GB perlu mengirimkannya dengan platform Go.

Info tersebut berasal dari salinan panduan konfigurasi Perangkat Android 11 Go Edition Google yang bocor dan dirilis pada 24 April 2020, menurut XDA-Developers.

Memo Google

Memo itu mengungkapkan, Google membuat persyaratan Android Go untuk perangkat baru dengan RAM 2 GB atau kurang diluncurkan mulai kuartal berikutnya. Anda dapat memiliki lebih banyak rincian dalam daftar di bawah ini:

  • Dimulai dengan Android 11, perangkat dengan RAM 512 MB (termasuk peningkatan) tidak memenuhi syarat untuk melakukan preloading GMS.
  • Semua Produk baru diluncurkan dengan Android 11, jika mereka memiliki RAM 2 GB atau kurang, wajib mengembalikan true untuk ActivityManager.isLowRamDevice () API, dan diluncurkan sebagai perangkat Android Go.
  • Mulai Q4 2020, semua produk baru diluncurkan dengan OS Android 10. Jika mereka memiliki RAM 2 GB atau kurang, harus mengembalikan true untuk ActivityManager.isLowRamDevice () API, dan diluncurkan sebagai perangkat Android Go.

Sebelumnya, meluncurkan perangkat RAM 2 GB dalam konfigurasi GMS (Google Mobile Service) standar tidak diharuskan mengonversi ke konfigurasi Android Go melalui MRs atau peningkatan huruf. Mereka akan tetap menjadi Android standar.

Ini mungkin masalah penggunaan. Tapi secara pribadi, kita percaya bahwa RAM 2 GB dapat menjalankan Android tanpa banyak tekanan. Tentu saja, aplikasi akan sering dimuat ulang, lebih daripada ponsel dengan RAM 3 GB. Selain itu, game mungkin akan mengambil seluruh RAM dalam pilihan ini.

Pembatasan baru tampaknya menjadi cara Google untuk memastikan bahwa Android akan selalu memberikan pengalaman yang baik. Bahkan pada perangkat yang paling lemah. Raksasa Amerika itu tampaknya tidak puas dengan kinerja sistem operasinya di perangkat dengan kurang dari RAM 3 GB.

BACA | Sebelum Beli, Simak 4 Fitur Unggulan Huawei Nova 7

Android Go

Dua hal dapat terjadi setelah perubahan ini. Dalam kasus pertama, pabrikan smartphone akan dipaksa untuk memperluas standar perangkat keras mereka dengan meluncurkan lebih banyak ponsel dengan setidaknya RAM 3 GB.

Kemungkinan kedua, perusahaan akan menyimpan RAM 2 GB di smartphone murah. Akibatnya, platform yang lebih ringan akan, akibatnya, menjadi jauh lebih populer.

Ini akan menjadi masalah bagi perusahaan dengan custom Android khusus. Bulan ini, Redmi mengumumkan Redmi 9A dan 9C sebagai dua smartphone supermurah. Mereka datang dengan MIUI 11 yang didasarkan pada Android 10.

Karena Xiaomi memiliki MIUI sebagai salah satu nilai jual utama, perusahaan harus meninggalkan RAM 2 GB untuk menjaga MIUI berjalan tanpa masalah. Perusahaan ini sudah merilis ponsel Android Go di masa lalu, tapi produknya jauh dari sukses.

Kita tidak bisa berpikir bahwa Xiaomi akan meluncurkan seri smartphone paling populer tanpa MIUI. Publik ingin tahu bagaimana perusahaan lain akan merespons perubahan baru dari Google, terutama produk dari China.

Google membutuhkan waktu beberapa bulan untuk mengungkap Android 10 Go Edition. Itu membuat kita berpikir bahwa program tidak berjalan seperti yang diharapkan. Tapi tampaknya, Android 11 Go Edition tidak akan memakan waktu lama untuk datang menjumpaI pasar.

sumber | sindonews.com

Related posts

Leave a Comment