Pertama di Aceh Singkil, Desa Ujung Bawang Kibarkan Bendera Secara Seretak

Bendera Merah Putih

topmetro.news – Pemerintah Desa Ujung Bawang Kecamatan Singkil Kabupaten Aceh Singkil bersama Babinsa, Babinkamtibmas, Mukim dan masyarakat melakukan pengibaran Bendera Merah Putih.

Bendera Merah Putih itu dikibarkan di 250 rumah warga secara serentak pada 1 Agustus 2020 untuk memperingati HUT Republik Indonesia yang ke-75.

“Ini adalah desa pertama di Aceh Singkil yang mengibarkan bendera merah putih secara seretak, untuk memperingati HUT RI yang kita cintai ini. Dimulai dari 1 Agustus sampai 31 Agustus,” ucap Mr Munthe Babinsa Desa Ujung Bawang selaku inisiatif program pengadaan tiang dan bendera, Sabtu (1/8/2020)

Menurut MR Munthe, ide pengadaan tiang dan bendera bermula pada tahun 2018 yang lalu. Dimana setiap momen 17 Agustus, pengibaran bendera tidak pernah serentak dan tidak semuanya menaikkan bendera.

Banyak masyarakat beralasan tidak memiliki dana untuk membeli tiang dan bendera. Selain itu juga tidak seragam tiang-tiang yang dipakai warga.

“Maka dari itu, timbulah niat dan membicarakan hal tersebut terhadap pemerintah desa agar mengadakan tiang bersama bendera melalui dana desa. Alhamdulillah, ternyata ide ini mendapatkan respon positif dari pemerintah desa dan masyarakat,” tutur Mr Munthe dengan wajah bersemangat.

“Sehingga nanti tidak ada lagi alasan masyarakat untuk tidak mengibarkan bendera. Terutama pada saat Hari Kemerdakaan Indonesia,” terangnya.

Pengadaan Tiang Bendera

Harapannya ke depan untuk masyarakat Aceh Singkil umumnya dan Kemukiman Pemuka khususnya, agar dapat membuat program pengadaan tiang bendera di setiap rumah warga, sehingga nampak seragam.

“Hal ini bertujuan untuk memelihara rasa kecintaan kita terhadap Negara Republik Indonesia yang kita cintai. Dan ini juga adalah merupakan wujud dari rasa penghormatan kita terhadap pahlawan yang telah memperjuangkan negara dengan pengibaran Bendera Merah Putih seperti yang kita lakukan saat ini,” sebutnya.

“Karena kita tahu sendiri, bahwa untuk memperjuangkan Merah Putih ini, para pejuang terdahulu mengorbankan harta, nyawa dan air mata. Kita hanya disuruh untuk memperingati tanpa harus berkorban nyawa seperti pendahulu kita,” jelas MR.

Sementara itu Kepala Desa Ujung Bawang Jamirin menambahkan, bahwa suksesnya acara itu tidak lain dan tidak bukan karena dukungan seluruh masyarakat Desa Ujung Bawang.

“Alhamdulillah pengibaran bendera ini bisa berjalan lancar. Sehingga semangat menyambut HUT RI yang ke 75 ini dapat dirasakan bersama,” kata Jamirin.

“Hal ini akan tetap kita pertahankan setiap memperingati hari-hari besar. Sehingga kecintaan terhadap NKRI jadi lebih bersemangat dan dinanti-nantikan kedatangannya,” tutupnya.

reporter | Rusid Hidayat Berutu

Related posts

Leave a Comment