Barcelona Harus Lepas Dari Lionel Messi Agar Tak Ketergantungan

barcelona lionel messi

topmetro.news – Barcelona yang memiliki julukan Blaugrana dituntut, agar tidak terlalu bergantung pada Lionel Messi. Dan harus lebih berani memberi kesempatan bagi para pemain yang lain untuk berkembang. “Barcelona memiliki ketergantungan yang sangat besar pada kecemerlangan Lionel Messi, dan itu justru menjadi masalah, kata eks bek mereka,” Albert Ferrer.

Barcelona gagal memenangkan gelar juara La Liga untuk kedua kalinya dalam enam musim, setelah Messi dan kawan-kawan kalah bersaing dengan Real Madrid. Kegagalan di kancah domestik tersebut datang, setelah beberapa tahun mengalami keterpurukan di level Eropa. Hal itu diwarnai dengan dua kekalahan menyakitkan melawan AS Roma dan Liverpool, dalam dua musim terakhir hingga harus tersingkir dari Liga Champions.

Meski Barcelona masih bersaing di jalur juara Liga Champions musim 2019/20 ini. Namun, ini adalah kampanye saat titik lemah mereka begitu terungkap. Salah satunya, adalah begitu besarnya ketergantungan mereka terhadap performa Lionel Messi.

Lionel Messi Masih Cemerlang

Lionel Messi memang masih cemerlang, menjadi pemain pertama di La Liga dalam sejarah yang mencetak sedikitnya 20 gol serta 20 assist. Dan finis sebagai topskor dengan 25 gol, selain juga melampaui rekor Xavi dengan 21 assist musim ini.

Namun Ferrer mengatakan, bahwa Messi tidak bisa terus menerus berada pada puncak masa keemasannya. Meski meyakini sang bintang Argentina itu akan menghabiskan sisa kariernya, di Camp Nou terlepas dari segala rumor transfer yang beredar belakangan ini.

“Saya tidak terlalu khawatir tentang perasaan Lionel Messi. Kami mengharapkannya seperti itu, karena ia adalah sosok pemenang,” kata Ferrer kepada FourFourTwo, Selasa (4/8/2020) malam.

Baca Juga : Waw! Inter Milan Rayu Lionel Messi Pakai Uang Rp4,5 Triliun

“Ia ingin bersaing untuk segalanya, dan memenangkan Liga Champions. Saya pikir ia akan tetap bertahan di Barcelona sampai pensiun. Ia cinta Barcelona, timnya dan juga segenap klubnya.”

“Ini situasi yang unik. Tidak ada tim lain yang bisa mengatakan, mereka benar-benar bergantung pada satu pemain. Barcelona perlu menjadi mandiri dari Leo Messi. Tapi ia masih yang terbaik dan saat Anda memberinya bola, ia melakukan sesuatu dengannya.”

“Barcelona juga perlu membuat para pemain yang lain, memiliki peran yang sangat penting, dan melakukan sesuatu yang berbeda untuk membantunya. Tapi, mereka memiliki beberapa opsi bagus, dengan nama-nama seperti Ansu Fati sekarang ini.”

Saat Ansu Fati tengah naik daun, Ferrer merasa Barcelona masih kurang memiliki kedalaman skuad yang mumpuni. Dan itulah yang menjadi titik lemah lainnya, yang begitu besar terlihat musim ini.

Bercelona Kerap Dikaitkan Dengan Bintang Besar Seperti Lionel Messi

Barcelona kerap dikaitkan dengan deretan pemain bintang, seperti Lionel Messi, Lautaro Martinez dan Neymar pada musim panas ini. Meski presiden klub Josep Maria Bartomeu mengatakan bahwa, klub tidak akan bisa melakukan perekrutan salah satu di antara keduanya, dalam waktu dekat.

Namun, Ferrer mengatakan bahwa perubahan besar harus dilakukan Barcelona, agar bisa kembali menjadi juara La Liga. “Saya pikir sebelum lockdown, Barcelona baik-baik saja,” lanjutnya. Tapi saya pikir kedalaman skuad kurang mumpuni, dan mereka tidak bisa merotasinya seperti yang mereka inginkan, mungkin begitu.”

Baca Juga : Presiden Barcelona Tetap Yakin Lionel Messi Tak Akan Pergi

“Dalam beberapa pertandingan, mungkin ada enam atau tujuh pemain dari Barcelona B yang bermain, dan meski pun mereka sangat berbakat, mereka masih mengalami kekalahan dan khususnya kewalahan di lini belakang. Jadi kedalaman skuad adalah salah satu alasannya.”

“Mereka juga mencoba untuk bermain secara berbeda, kurang dapat diprediksi. Namun ketika ada jadwal padat dengan pertandingan setiap tiga hari. Itu sulit – seperti Anda hanya berjuang untuk diri sendiri. Ini Adalah situasi yang aneh. Dan Anda juga harus mengatakan bahwa , laju Real Madrid [pada akhirnya] memang fantastis,” ungkapnya.

reporter | yofe

Related posts

Leave a Comment