Mantan Kiper Timnas Spanyol dan Real Madrid Iker Casillas Resmi Pensiun

iker casillas pensiun

topmetro.news – Kiper yang membawa Timnas Spanyol sebagai pemenang Piala Dunia tahun 2010, Iker Casillas memutuskan untuk gantung sarung tangan, akibat kondisi kesehatannya. Iker Casillas secara resmi mengumumkan pensiun dari sepakbola, mengakhiri karier 22 tahunnya sebagai penjaga gawang. Eks penjaga gawang Real Madrid ini gantung sarung tangan di usia 39 tahun.

Iker Casillas sebetulnya sudah tidak melakoni pertandingan kompetitif sejak Mei 2019, ketika ia didiagonosis mengalami masalah serius pada jantungnya. Kala itu, kiper pemenang Piala Dunia ini tengah berlatih bersama Porto.

Casillas masuk skuad Porto di musim 2019/20, tapi ia tidak sekalipun bermain sambil terus menunggu progres kesehatannya. Pada Selasa (4/8/2020) malam, Iker Casillas melalui laman media sosial miliknya, memutuskan untuk pensiun dan mulai mencari pekerjaan baru.

“Yang terpenting adalah proses perjalanan yang Anda lakoni, dan orang-orang yang menamai Anda, bukan destinasi akhir. Tanpa diragukan lagi, saya bisa bilang bahwa ini adalah perjalanan yang tepat dan destinasi impian. Terima kasih,” tulisnya.

Nama Iker Casillas mencuat ke panggung sepakbola dunia sejak dipromosikan, ke tim utama Real Madrid. Total, ia mampu mencatatkan 725 penampilan bersama Los Blancos dan turut mengangkat lima gelar, La Liga Spanyol dan tiga trofi Liga Champions.

Bersama timnas Spanyol, kariernya tidak kalah cemerlang. Ia mengapteni negaranya saat menjuarai Piala Dunia 2010, dan juga sukses meraih Euro 2008 dan 2012. Pada 2015, ia hijrah ke Portugal dan mampu mencatatkan 156 penampilan, serta merengkuh dua gelar Primeira Liga bersama Porto.

Kini, Iker Casillas bersiap untuk memulai kariernya di luar lapangan hijau. Beberapa waktu lalu, ia mengumumkan akan maju sebagai calon presiden Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF).

Real Madrid Kirim Pesan Khusus Kepada Iker Casillas Tentang Pensiunnya

Menyusul kabar pensiun Iker Casillas, Real Madrid juga mengirimkan pesan khusus kepada legenda besarnya ini. “Real Madrid CF ingin menyampaikan apresiasi dan pujian tinggi, kepada salah satu legenda besar kami dan sepakbola dunia,” demikian pernyataan resmi Madrid.

“Kiper terbaik dalam sejarah Real Madrid dan sepakbola Spanyol ini, datang ke rumah kami saat usianya masih sembilan tahun. Di sini, tali hubungan kami terikat selama 25 tahun dan dia akan selamanya dikenang, sebagai salah satu kapten paling ikonik kami. Iker Casillas telah menerima cinta yang besar dari Real Madrid, dan menjadi tolok ukur dari nilai-nilai klub.”

“Hari ini, salah satu pemain terpenting dalam sejarah 118 tahun kami, seorang pemain yang kami cintai dan kagumi, seorang penjaga gawang yang telah melegenda bersama Real Madrid. Berkat pekerjaan dan sikap teladannya di dalam maupun di luar lapangan, telah mengucapkan selamat tinggal sebagai pemain profesional,” ungkapnya.

reporter | yofe

Related posts

Leave a Comment