Miliaran Orang Bakal Kebal Covid, 8 Vaksin Masuk Tahap Akhir

vaksin siap diproduksi

topmetro.news – Saat ini ada delapan calon vaksin yang masuk uji klinis tahap III dan siap untuk diproduksi. Hal ini diungkapkan oleh Manajer Peneliti Biomolekuler Australian National University dan Direktur Utama Lipotek Australia Dr Ines Atmosukarto saat webinar ‘Covid-19 dan Prospek Vaksin untuk Indonesia’ di Jakarta, Jumat (14/8/2020).

“Yang perlu difokuskan di fase tiga. Karena vaksin-vaksin ini punya potensi untuk jadi produk di waktu dekat,” katanya.

Ada pun delapan vaksin tersebut adalah vaksin mRNA-1273, CansinoBio, Sinovac, Wuhan Institute bersama Sinopharm, Beijing Institute bersama Sinopharm, Vaksin Pfizer-BioNTech, Universitas Oxford dan Astrazeneca, dan Moderna bersama NIAID Amerika.

BACA | 4 Tips Awasi Diabetes agar Terhindar Ancaman Covid-19

Vaksin Jalan Terbaik

Menurutnya, vaksin adalah jalan terbaik untuk memerangi virus karena dinilai paling efisien. Vaksin ini diberikan kepada orang yang sehat untuk menghindari terjangkitnya penyakit.

“Dengan satu vaksin, kita bisa menghindari banyak orang terjangkit penyakit. Saya rasa, dari segi kesehatan masyarakat, vaksin yang paling kuat. Sudah terbukti, seperti vaksin polio dan lainnya, banyak buktinya,” terangnya.

Sementara itu, dia menyebut belum pernah ada dalam sejarah, bahwa vaksin dikerjakan dalam waktu 12 bulan seperti yang saat ini terjadi. Sebab, biasanya penelitian vaksin membutuhkan waktu yang lama yaitu hingga 10 bahkan 15 tahun.

“Karena itu kita harus sadari. Apa yang dilakukan pelaku produsen tantangan besar, untuk menghasil vaksin 12 bulan. Ini belum pernah terjadi sebelum ini,” pungkasnya.

sumber | CNBC Indonesia

Related posts

Leave a Comment