Kesiapan XL Axiata dengan Layanan VoLTE, Dua Kota Ini Jadi Tahap Pertama

XL Axiata

topmetro.news – Perusahaan telekomunikasi XL Axiata tengah bersiap menyediakan layanan digital dengan teknologi terbaru, Voice over LTE (VoLTE). Group Head, VP – Commercial GTM – ‎PT XL Axiata Tbk, Rahmadi Mulyohartono mengungkapkan perkembangan persiapan layanan VoLTE ini dalam virtual media update, Selasa (18/8/2020).

“Persiapan layanan VoLTE telah dimulai sejak tahun lalu dan terus dikembangkan secara bertahap. Sebagai tahap awal, layanan ini bisa dinikmati di wilayah Jakarta dan Medan,” ujanya.

Selanjutnya, layanan VoLTE XL Axiata akan terus memperluas ke area lainnya, seiring dengan penyiapan jaringan infrastruktur pendukungnya. Untuk kesiapan jaringan mendukung layanan VoLTE ini, XL Axiata bekerja sama dengan Ericsson dan Huawei sebagai mitra teknologi untuk jaringan radio dan core.

Layanan Percakapan XL Axiata

VoLTE atau Voice Over LTE adalah layanan percakapan (voice) atau telepon melalui jaringan data LTE (Long Term Evolution). Dengan VoLTE layanan voice menjadi lebih baik di mana kualitas suara menjadi sangat jernih.

“Jika kita melakukan panggilan suara, biasanya jaringan 4G plus berubah menjadi H Plus sehingga kurang jernih. Salah satu kelebihan layanan VoLTE suara menjadi lebih jernih dan streaming lancar dan sambungan suara juga kebih cepat,” jelas Rahmadi.

Dia menjabarkan, hingga saat ini lebih dari 90 persen perangkat milik pelanggan XL Axiata sudah mendukung jaringan LTE, sehingga sudah bisa menikmati layanan VoLTE ini.

“Saat ini pelanggan sudah menggunakan handset dengan kemampuan LTE di atas 90 persen,” kata Rahmadi.

Diakuinya, beberapa tahun lalu pernah diprediksi bahwa layanan suara akan mengalami penurunan signifikan, ternyata selama enam bulan terakhir di masa pandemi layanan suara di XL Axiata cenderung mendatar.

“Di masa pandemi ini, layanan suara justru tidak menurun dan cendurung mendatar. Dengan layanan VoLTE pelanggan bisa mendapatkan pengalaman komunikasi, gaming lebih menarik karena kualitasnya berada di layanan data biasa,” kata Rahamadi.

Jaringan 5G

Menurutnya, layanan VoLTE ini juga sebagai pembuka bisnis lainnya, mulai dari jaringan 5G, smarthome dan masih banyak lagi. Untuk itu, kesiapan layanan ini perlu lebih dalam karena berbeda dengan layanan biasa.

“Layanan VoLTE berbeda dengan layanan voice biasa karena tergantung LTE coverage. Sehingga perlu optimasi dan standar yang berbeda. Kami ingin memberikan service terbaik di saat jaringan kita memang sudah siap,” tutur dia.

Baca Juga: XL Axiata Peduli Banjir Jabodetabek, Salurkan Bantuan Kemanusiaan

Sementara itu, Plt Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengungkapkan jika layanan VoLTE ini akan ada di 13 kota hingga akhir 2020.

“Optimasi jaringan VoLTE juga telah dilakukan untuk memastikan semua fitur utama dapat dijalankan, seperti antara lain layanan VoLTE to VoLTE, VoLTE to non-VoLTE (layanan suara 2G dan 3G) dan sebaliknya, termasuk juga layanan Video over LTE (ViLTE),” bebernya.

Pada tahap awal ini layanan VoLTE didukung oleh lebih dari 3.000 BTS 4G XL Axiata yang tersebar di Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Medan. Saat ini, sedang menyiapkan BTS-BTS di kota-kota lainnya untuk mendukung layanan VoLTE di tahap selanjutnya.

sumber | viva.co.id

Related posts

Leave a Comment