Kesawan City Walk Dibuka, Gubernur Edy Warning Soal Prokes

Kesawan City Walk Dibuka, Gubernur Edy Warning Soal Prokes

topmetro.news Pro kontra dengan dibukanya kembali sentra kuliner Kesawan City Walk, Jumat (19/11/2021) di Kota Medan oleh Walikota Medan Bobby Nasution menuai kritik dari Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi karena dikhawatirkan akan menimbulkan klaster baru penyebaran Covid-19

Padahal, pembukaan Kesawan City Walk itu untuk menggairahkan usaha mikro masyarakat yang meredup karena pandemi. Bobby juga ingin menghidupkan geliat bisnis dan hiburan Medan di malam hari.

Warning Bagi Walikota

Sementara Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, sudah mewanti-wanti. Mantan Pangkostrad itu memberi warning. Ia akan menjatuhkan sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan di acara itu.

“Tergantung dia level berapa. Level 1 kah, level 2 kah. Aturan-aturan level 2 bagaimana,” kata Edy menjawab wartawan di Rumah Dinas Gubernur, Kamis (18/11/2021).

Gubernur Edy meminta perhatikan betul ketentuan-ketentuan protokol kesehatan dan pembatasan masyarakat sebagaimana dalam PPKM Level 2.

“Kalau dia melanggar level 2, ya ditindak lah,” ujar Gubernur didampingi Staf Ahli Gubernur, Binsar Situmorang, dan Kepala Biro Umum, Mahfullah Pratama Daulay.

Lebih lanjut Gubernur menegaskan tidak ingin aktivitas di Kesawan City Walk menimbulkan klaster penularan covid. Karenanya ia meminta agar wartawan turut mengawasi.

“Jadi wartawan untuk ikut serta mengawasi, karena supaya rakyat ini tak terpapar balik,” ujarnya.

Pengunjung Harus Vaksin

Di tempat terpisah, Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Medan, Mardohar Tambunan, Kamis (18/11/2021), mengatakan kesiapan pihaknya agar Kesawan City Walk nantinya tidak menjadi klaster baru penularan covid.

Oleh karena itu, perlu langkah antisipasi. Baik pengunjung maupun pelaku UMKM, kata Mardilohar, harus sudah menerima vaksin. Untuk membuktikan itu, setiap pintu masuk Kesawan City Walk tersedia aplikasi pedulilindungi.

Petugas akan menjaga, dan tersedia alat pengukur suhu atau thermo gun. Dari aplikasi pedulilindungi, akan tahu pengunjung telah vaksin atau belum.

“Dan bagi yang terbukti belum mengikuti vaksin, tidak diperkenankan memasuki Kesawan City Walk,” tegas Mardohar seraya menambahkan penerapan protokol kesehatan menjadi arahan serius wali kota.

Penulis: Erris

Related posts

Leave a Comment