Mengatasi Smartphone yang Mudah Panas

Banyak faktor yang mempengaruhi cepat panas pada smartphone kita. Nah berikut adalah beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut.

1. Jangan Gunakan Kamera Terlalu Lama
Kamera merupakan aplikasi yang paling cepat membuat smartphone kita panas. Karena pada saat membuka dan menjalankan aplikasi kamera, maka kamu akan memaksa CPU dan GPU kamu bekerja bersamaan sehingga cepat panas. Berlaku untuk semua aplikasi kamera baik itu kamera bawaan maupun aplikasi kamera dari pihak ketiga.
Oleh karena itu bijaklah dalam menggunakan kamera, gunakan hanya ketika kamu ingin mengabadikan momen penting saja.

2. Jangan Multitasking Terlalu Banyak
Kita kadang suka membuka aplikasi kemudian keluar dari aplikasi tersebut hanya dengan menekan tombol home. Tindakan ini akan membuat aplikasi tetap berjalan pada background yang mengakibatkan hp kamu akan cepat panas apalagi jika aplikasi yang berjalan itu jumlahnya banyak.
Solusinya ketika sudah tidak menggunakan aplikasi tersebut jangan biarkan aplikasi tersebut berjalan di background. Close terlebih dahulu untuk melegakan RAM.

3. Uninstal Aplikasi yang Jarang Kamu Gunakan
Meskipun tidak sedang kamu gunakan, aplikasi yang terinstal di smarphone kamu tetap menjalankan suatu proses yang kadang tidak akan kamu sadari. Hal ini menyebabkan penambahan beban proses pada smartphone.
Sebaiknya hapus saja aplikasi yang memang jarang kamu gunakan terutama aplikasi bawaan yang sudah ada pada smartphone.

4. Ganti Baterai
Baterai juga bisa jadi salah satu faktor pada panas smartphone. Bisa jadi baterai smartphone memang sudah rusak sehingga tidak berfungsi seperti semestinya. Maka dari itu solusinya kita harus menggantinya dengan baterai baru dan usahakan untuk membeli yang original jangan yang palsu karena dampaknya akan buruk untuk smartphone.

5. Jangan Gunakan Ketika sedang di Charge
Apabila kamu sedang mengecas hp, sebaiknya jangan digunakan. Selain berpotensi menyebabkan panas, ini beresiko juga merusak baterai. Karena akan menyebabkan kinerja baterai meningkat dua kali lipat dan berbahaya karena bisa menyebabkan baterai menggelembung.

Related posts

Leave a Comment