You are here
KPK Jadual Ulang Pemanggilan Aburizal Bakrie Nasional 

KPK Jadual Ulang Pemanggilan Aburizal Bakrie

topmetro.news – KPK akan menjadual ulang pemanggilan Aburizal Bakrie. Hal itu karena Ketua Dewan Pembina Partai Golkar itu tak memenuhi panggilan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Senin (2/7/2018) kemarin.

ARB sedianya diperiksa sebagai saksi kasus dugaan korupsi proyek e-KTP. Ini untuk melengkapi berkas penyidikan dengan tersangka Irvanto Hendra Pambudi dan Made Oka Masagung.

Juru biacara KPK Febri Diansyah mengatakan, mantan Ketua Umum DPP Partai Golkar itu melayangkan surat kepada tim penyidik atas ketidakhadirannya kali ini. Dalam surat tersebut, Ical, sapaan Aburizal Bakrie mengaku sedang berada di luar negeri.

“KPK menerima surat dari saksi yang tidak dapat menghadiri pemeriksaan hari ini. Aburizal Bakrie sedang berada di luar negeri,” kata Febri saat dikonfirmasi.

Tak hanya ARB, mantan pimpinan Banggar DPR dari Fraksi PKS dan politikus Demokrat Mulyadi juga tak memenuhi panggilan penyidik. Dalam surat kepada penyidik, Tamsil mengaku sedang menjalani kunjungan kerja.

“Sementara saksi Mulyadi ada tugas lain hari ini,” katanya.

Jadual Ulang Pemanggilan

Atas ketidakhadiran ini, Febri menyatakan tim penyidik akan menjadwalkan ulang pemeriksaan terhadap ketiganya. Namun, Febri mengaku belum mengetahui secara pasti pemeriksaan terhadap ketiganya.

“Akan dijadwalkan kembali (pemeriksaan ketiganya),” kata Febri.

Dengan demikian, dari lima saksi e-KTP yang dijadwalkan penyidik, hanya Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly dan mantan Sekjen Kemdagri Diah Anggraeni yang memenuhi panggilan penyidik.

Usai diperiksa, Yasonna mengklaim tak mengenal Irvanto dan Made Oka Masagung yang kini berstatus tersangka. Mantan anggota Komisi II DPR dari Fraksi PDIP itu juga mengaku tak pernah berkomunikasi dengan Irvanto dan Made Oka

“Sama sekali tidak kenal dan tidak pernah berhubungan,” kata Yasonna.

Pemeriksaan Yasonna terbilang singkat, yakni hanya berlangsung sekitar 1 jam. Tak banyak menjawab pertanyaan awak media, Yasonna memilih bergegas meninggalkan markas lembaga antirasuah.

Sementara Diah Anggraeni tak berkomentar apa pun usai diperiksa tim penyidik. Keluar dari ruang pemeriksaan, Diah langsung bergegas menuju mobil yang telah menunggunya di pelataran Gedung KPK. (TM-RED)

sumber: beritasatu.com

46 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment