Komunitas Byson Medan Club (BMC)

TOPMETRO.NEWS – Nama Byson dijadikan sebuah nama dari salah satu sepeda motor type Sport dari yamaha ini,  memiliki bentuk body yang besar, yang sangat mirip dengan bentuk seekor binatang Bison. Motor ini memiliki ciri khas tersendiri, yakni sebuah tengkorak kepala dari hewan Bison dengan dua tanduk diatasnya.

Bukan hanya body saja yang besar, akan tetapi performa yang dihasilkan oleh mesin Yamaha Byson tak kalah dengan bentuk bodynya itu, mesinnya tersebut dapat dipacu hingga kecepatan maksimal dengan timing yang cepat, dalam satu tarikan tuas gas saja, tentunya hal tersebut di imbangi dengan kaki-kaki yang kokoh, yang dapat menopang beban dari mesin serta penggunanya, dan cukup tangguh untuk menghadapi segala medan jalan yang ada di Indonesia.

Walaupun bodynya nampak besar namun Yamaha bison merupakan motor yang hemat bahan bakar, dengan satu liter BBM bisa menempuh jarak hingga 40 km. hal ini disebabkan karena adanya throttle position sensor ( system yang mengatur keluarnya BBM)

Pada awalnya Byson menggunakan karburator untuk mengatur pengeluaran BBM namun seiiring berjalannya waktu dan dengan dikeluarkannya Byson F1, maka PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) juga telah menghentikan produksi Byson karburator, Penghentian produksi ini dilakukan setelah Yamaha Byson karburator pertama kali diperkenalkan pada September 2010 lalu di padang savana Gunung Bromo, Jawa Timur. Ratusan ribu unit telah terjual sejak saat itu.

All New Byson FI. Motor dengan teknologi sistem pembakaran injeksi tersebut, merupakan penerus Yamaha Byson sebelumnya yang mulai diproduksi sejak tahun 2010. Demi mengkuti perkembangan teknologi otomotif yang ada, dan agar mampu bersaing melawan sepeda motor Sport dikelas menegah seperti Honda CB150, akhirnya Yamaha meningkatkan kekuatan mesin Yamaha Mesin agar semakin canggih dan mampu disetarakan dengan Yamaha Vixion yang terlebih dahulu dibekali teknologi Injeksi.

Yamaha Byson Injeksi merupakan salah satu jajaran motor sport terbaru generasi penerus dari Yamaha Byson versi karburator yang hadir dengan mesin baru berteknologi injeksi serta bodi baru yang mengemban filosofi desain diamond cutting edge yang menghasilkan tampilan motor berlekuk tajam dan maskulin, wild strong appearance. Tampang anyar ini berkaitan erat dengan karakter All New Byson Fuel Injection sebagai “The Most Aggressive Muscular Cruiser”.

Dengan bentuknya yang terkesan gagah, maka motor ini mulai banyak diminati oleh kaum muda di kota Medan, agar para pemilik Yamaha byson yang memiliki semangat brotherhood tanpa batas mempunyai wadah untuk saling bertukar pikiran satu sama lain, maka para pemilik motor ini membentuk suatu komunitas yang dinamakan Byson Medan club (BMC).

Pembentukan komunitas ini dibuat atas inisiatif dari Bro Ultra perdana dan Bro Fauzul Amri, sehingga pada tanggal 27 November 2010 terbentuklah Byson Medan Club (BMC) di lapangan merdeka Medan. Yang dikukuhkan oleh Manager PT Alfa Scorpi Medan Yong Lie yang sekaligus memberikan dukungan kegiatan kepada Klub ini.

Dalam wawancaranya dengan wartawan Top metro (25/9) Ultra perdana selaku Pembina BMC mengatakan: “Byson Medan club ini didirikan pada tanggal (27/10/2010) di Lapangan Merdeka Medan setelah Yamah Byson baru di launching di Aek Nauli oleh Yamah. Pada waktu pengukuhannya ada sekitar 20 orang ketika acara Fantastik Yamaha.”

Mengenai kegiatan yang di lakukan oleh club ini antara lain dia mengatakan: “ BMC selalu mengadakan kopdar seminggu sekali setiap malam sabtu, tujuannya untuk mempererat tali silaturahmi dan membicarakan tentang motor Byson baik modifikasi, mesin dll. Dan juga tentang safety riding dan kegiatan sosial lainnya, ikut serta menyukseskan dan meramaikan event-event yang mengundang club ini, lalu mengikuti turing wajib sebulan sekali, melakukan explore wisata yang ada di Sumut, Aceh, Sumbar dll, semua dilakukan atas rapat dan kesepakatan semua member.”

Lalu mengenai ketertarikannya membeli Byson selanjutnya ultra mengatakan:” saya tertarik membeli Byson karena modelnya yang begitu sport naked bike yang mirip dengan moge Ducati yang notabene mempunyai cc yang besar, kokoh dan stabil bila dikendarai. Saya beli motor Byson 150 cc dengan harga RP 21.500.000,- pada bulan 9/2010.Untuk perawatannya karena motor yang saya miliki masih menggunakan karburator, maka perawatannya sangat mudah”.

Dalam kesempatan yang sama Madi selaku ketua Byson mengatakan: “saya bergabung dengan club Byson ini sejak bulan februari 2013, tiga tahun kemudian yaitu sejak tanggal 6 Juni 2016 saya diangkat menjadi ketua, Untuk ketertarikan membeli byson ini dikarenakan disainnya yang unik, perawatanya pun tidak ribet, bahan bakar irit. Dan modelnya yang besar dan gagah. Saya membeli motor ini pada tahun 2012 dengan harga 21 jutaan”,

Dan mengenai jumlah Member BMC saat ini lebih lanjut Madi mengatakan: “Jumlah anggota saat ini ada 40 orang, selama berdirinya club ini sudah banyak yang kami kerjakan diantara: Bakti sosial dan wisata di daerah Sumatera Utara dan sekitarnya, wisata ini kami lakukan untuk memperkenalkan wisata di kota Medan.”

Untuk menjadi anggota Madi mengatakan:”bagi mereka yang ingin bergabung dengan klub ini, maka ada beberapa syarat yang harus dipatuhi oleh setiap calon anggotanya dintaranya adalah: harus memiliki sim C, mentaati peraturan lalu lintas seperti memakai helm, kaca spion dll. Untuk biaya pendaftaran gratis sedangkan bulanannya dikenakan biaya Rp 10.000,- yang nantinya akan di pergunakan untuk keperluan pada saat turing, ada member yang menikah, ada member atau keluarga yang sakit, untuk seragam dikenakan biaya Rp. 110.000 ,- “ pungkasnya.

Megenai susunan pengurusnya adalah sebagai berikut: Pembina: Ultra Perdana, Penasehat Zaenal Fahri, Ketua : Jumadi Hariyanto,Wakil ketua: Hanafi Rangkuti, Sekjend : Andi Pranata, Siregar, Bendahara : Agung Nugraha, Humas : Franz Handoko, Sekretariat : Jl HM Jhoni Gg Makmur no 8 Medan Sumut. (Herryansyah)

Related posts

Leave a Comment