#

Ini Cara Mudah Atasi Anda Takut Jarum Suntik

Takut jarum suntik

TOPMETRO.NEWS – Takut jarum suntik? Duh, ini mungkin bisa dijadikan solusi manakala pemerintah mulai melebarkan cakupan pemberian vaksin Covid-19 untuk masyarakat.

Artinya, jangan biarkan rasa takut pada jarum suntik menghalangi Anda mendapatkan vaksin Covid-19. Hingga saat ini, vaksin Covid-19 merupakan salah satu cara untuk mencegah dan meminimalkan penyakit akibat infeksi virus corona bersamaan dengan penerapan protokol kesehatan.

Berikut cara mudah mengatasi rasa takut jarum suntik saat divaksin.

1. Tutup mata

Cobalah untuk menutup mata saat akan disuntik. Jangan lihat petugas mempersiapkan alat. Tetap rileks dan tenang, lalu pejamkan mata. Proses penyuntikan hanya berlangsung dalam hitungan detik saja.

2. Pergi bersama orang terdekat

Ajak orang terdekat untuk pergi menemani proses vaksinasi. Anda bisa mengajak orang tua, kakak, adik, pacar, atau teman. Orang-orang terdekat akan meningkatkan rasa percaya diri saat divaksin.

3. Ajak berbicara atau ngobrol

Alihkan pikiran dengan mengajak orang terdekat atau bahkan petugas berbicara. Berbicara akan membuat tubuh lebih rileks dan tanpa disadari proses penyuntikan akan terlewati begitu saja.

4. Tarik napas dalam

Coba lakukan relaksasi saat hendak divaksin. Anda bisa menarik napas dalam-dalam untuk menenangkan diri. Coba tarik napas melalui hidung hingga perut membuncit dalam hitungan enam detik lalu keluarkan dari mulut dalam hitungan yang. Lakukan beberapa kali.

5. Mendengarkan musik

Pasang earphone dan bunyikan musik favorit Anda saat divaksin. Mendengarkan musik dapat membuat Anda asyik dengan lantunan melodi dan rasa takut bisa hilang.

BACA SELENGKAPNYA | Tahap Kedua Vaksinasi di Sumut untuk Lansia dan Pelayan Publik

Seperti diberitakan Topmetro.news sebelumnya, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Sumatera Utara (Sumut) menargetkan orang-orang yang sudah lanjut usia (Lansia) dan para pelayan publik dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap kedua di daerah ini. Rencananya vaksinasi tahap kedua ini dilaksanakan mulai Maret mendatang.

Hal itu diungkapkan dalam acara Ruang Publik yang disiarkan langsung (live) dari Studio TVRI Sumut Jalan Putri Hijau Medan, Kamis (25/2/2021).

Kegiatan yang digelar Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sumut dan TVRI Sumut tersebut menghadirkan Dr Restuti Hidayani Saragih SpPD K-PTI FINASIM MH (KES), selaku Anggota Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Penanganan Covid-19 Sumut dan Sekretaris Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumut Prof Dr H Asmuni MA, sebagai nara sumber.

penulis | jeremitaran

sumber | cnnindonesia

Related posts

Leave a Comment