Apa Dampak Atas Penolakan Kebijakan Baru WhatsApp?

Tolak kebijakan baru WhatsApp

topmetro.news – Tolak kebijakan baru WhatsApp yang berlaku mulai 15 Mei 2021, akan berdampak pada penggunanya. Yakni tidak akan bisa mengirim dan menerima pesan lagi.

Beberapa pekan setelah pengguna menolak kebijakan privasi baru WhatsApp, maka pembatasan akan berlangsung. Pengguna, katanya, akan mulai kehilangan akses ke daftar obrolan mereka.

Pengguna juga hanya bisa mengirim pesan atau menerima panggilan apabila dihubungi terlebih dahulu dan mengklik notifikasi yang muncul.

Setelah itu, dalam beberapa pekan selanjutnya, pengguna tidak akan lagi bisa menerima panggilan atau pemberitahuan. Waktu pemberlakuan kebijakan ini akan bervariasi dari satu pengguna ke pengguna lain.

Meski tak bisa mengirim dan menerima pesan, akun pengguna tidak otomatis terhapus jika pengguna menolak menyetujui kebijakan tersebut.

Awalnya, kebijakan privasi baru itu, sesuai jadwal, berlaku mulai Februari 2021. Namun, kemudian mengalami penundaan tiga bulan setelah dapat ‘hujan’ kritik dari pengguna.

Ada dugaan, bahwa pembaruan tersebut memungkinkan WhatsApp membagikan data pribadi kepada perusahaan induknya, Facebook.

BACA JUGA | Dapat Pesan ini dari WhatsApp, jangan Klik. Atau Anda Dirampok!

Penjelasan WhatsApp

WhatsApp berulang kali membantah hal itu. Mereka mengatakan kebijakan tersebut hanya berlaku untuk akun bisnis, sehingga bisa lebih muda terhubung dengan Facebook.

Mereka kembali mengklaim tidak dapat membaca atau mendengarkan percakapan pribadi pengguna. Karena percakapan tersebut terenkripsi secara end-to-end. WhatsApp menyatakan hal itu tidak akan pernah berubah.

Dalam laman resmi, WhatsApp mangaku sengaja mengundur tanggal berlakunya pembaruan agar pengguna memiliki cukup waktu untuk meninjau perubahan. Jika belum menerima pembaruan hingga tanggal tersebut, WhatsApp mengklaim tidak akan menghapus akun pengguna.

“Namun, Anda tidak akan mendapatkan seluruh fungsionalitas WhatsApp sampai Anda menerima pembaruan. Untuk sementara waktu, Anda akan tetap dapat menerima panggilan dan notifikasi. Tetapi Anda tidak akan dapat membaca atau mengirim pesan di WhatsApp,” kata WhatsApp.

Sebelumnya, WhatsApp menyatakan jika memutuskan keluar dari platformnya, pengguna bisa memindahkan riwayat obrolan ke platform lain.

Penting juga jadi catatan, bahwa pembaruan yang akan datang bukan tentang mengubah privasi percakapan pribadi Anda. Perubahan terutama berlaku untuk obrolan bisnis.

Platform obrolan milik Facebook itu menegaskan, bahwa komunikasi antar orang akan tetap rahasia. Bagi orang-orang yang menyetujui kebijakan baru tidak akan melihat perbedaan apa pun pada pengalaman WhatsApp harian mereka.

sumber | CNN Indonesia

Related posts

Leave a Comment