Jaga Supaya Akun Gmail Anda Tetap Aman

Android dan akun Gmail

topmetro.news – Android dan akun Gmail adalah dua hal yang saling berkaitan saat ini. Di mana Akun Gmail sangat penting untuk melakukan log in (masuk) dan sinkronisasi perangkat dalam Android.

Beberapa pengguna mungkin menggunakan akun Gmail utama untuk log in ke perangkat Android. Untuk itu, sangat penting untuk menjaga keamanan akun Gmail, terutama untuk penggunaan dalam perangkat Android.

Mungkin Anda pernah melakukan log in ke suatu perangkat. Kemudian berencana tidak akan menggunakannya lagi. Maka, jangan lupa untuk keluar dari akun Gmail. Sebab jika tidak, akun Gmail bisa disalahgunakan untuk keperluan yang tidak sepantasnya.

Cara log out atau keluar dari akun Gmail cukup mudah. Berikut langkah-langkah keluar dari akun Gmail versi web, Android, dan iOS, rangkuman dari How to Gee.

Perangkat Android

Ini adalah cara logout dari perangkat Android:

  • Buka aplikasi Gmail, lalu klik foto profil yang ada di pojok kanan atas.
  • Kemudian pilih ‘manage accounts on this device’. Daftar akun Gmail yang telah log in di perangkat akan muncul.
  • Pilih akun yang ingin Anda keluarkan, lalu pilih ‘remove account’ dan klik opsi yang sama sekali lagi untuk konfirmasi.

Perlu Anda ingat, apabila akun yang keluar dari perangkat adalah akun Gmail utama yang sinkron dengan smartphone Android, maka akun Google akan terhapus dari perangkat juga. Bukan hanya keluar dari aplikasi Gmail saja.

Namun, jika bukan akun yang sinkron ke smartphone, akun Google akan tetap terhubung.

iPhone dan iPad

Ada dua cara yang bisa Anda lakukan, yakni log out Gmail dari iPhone sementara atau sepenuhnya.

Untuk log out secara permanen:

  • Buka aplikasi Gmail kemudian klik foto profil yang ada di pojok kanan atas.
  • Lalu, pilih ‘Manage accounts on this device’ untuk menampilkan semua akun Gmail yang telah log in ke perangkat.
  • Pilih akun mana yang ingin Anda keluarkan dari perangkat, lalu klik tombol ‘Remove from this device’.
  • Lanjutkan dengan meng-klik opsi ‘remove’ untuk keluar dari perangkat sepenuhnya.

Jika ingin keluar sementara, cukup geser tombol ‘switch’ yang ada di sisi kanan akun Gmail. Jangan lupa klik tombol ‘done’ di sisi atas laman ‘manage accounts’ untuk kembali ke beranda Gmail.

Perangkat Desktop

Perlu Anda ingat bahwa menutup tab Gmail di browser, bukan berarti pengguna secara otomatis akan keluar dari akun Gmail juga.

Untuk keluar dari Gmail desktop yang Anda buka melalui browser, caranya cukup mudah. Yaitu klik foto profil yang ada di pojok kanan atas. Kemudian gulir ke bawah, lalu klik ‘sign out’.

Jika ada banyak akun terdaftar, klik ‘sign out of all accounts’. Maka, seluruh akun Gmail akan keluar secara bersamaan.

Sejauh ini, Google belum memberikan opsi untuk memilih akun Gmail tertentu untuk log out dari situs web. Setelah keluar, alamat Gmail akan tetap terpampang, namun, tetap membutuhkan password untuk kembali log in.

Untuk lebih meyakinkan, klik ‘remove accounts’, lalu klik tanda blokir di sisi kanan. Lanjutkan dengan mengklik ‘yes, remove’, agar alamat Gmail tidak lagi muncul di situs.

BACA | Ini Daftar HP 5G yang Bisa Memanfaatkan Layanan Telkomsel 5G

Perangkat Hilang

Apabila perangkat hilang, pengguna tetap bisa log out akun Gmail dari jarak jauh dengan memanfaatkan fitur manajemen perangkat.

Caranya adalah:

  • Buka akun Gmail via browser, lalu klik foto profil di pojok kanan atas dan pilih ‘manage your Google account’.
  • Pilih tab ‘security’, lalu klik tombol ‘manage devices’ yang ada di sisi kiri bawah. Nantinya, pengguna akan melihat perangkat mana saja yang telah log in menggunakan akun Gmail.
  • Cari perangkat yang Anda kehendaki. Kemudian, klik tombol ‘menu’ (ikon titik tiga horisontal) yang ada di sisi atas kanan.
  • Pilih ‘sign out’. Lalu, klik lagi ‘sign out’ untuk konfirmasi. Akun Google Anda akan keluar dari perangkat tersebut sepenuhnya.

Tidak ada salahnya untuk meningkatkan keamanan akun Gmail dengan mengaktifkan verifikasi dua langkah agar akun Gmail semakin aman.

sumber | kompas.com

Related posts

Leave a Comment