Alasan Pria Selingkuh, Karena Jarang Dihormati Apalagi Dikagumi

Alasan pria selingkuh2

TOPMETRO.NEWS – Alasan pria selingkuh dibongkar dari hasil penelitian seorang psikoterapis. Adalah M Gary Neuman menemukan alasan psikologis di balik pria selingkuh.

Gary yang juga sebagai penulis buku The Truth About Cheating melakukan survei terhadap 200 pria yang berselingkuh. Hasilnya, sekitar 48 persen pria yang disurvei mengatakan, mereka selingkuh karena tidak puas secara emosional.

Neuman menjelaskan, pria lebih sensitif dari yang selama ini orang duga. Pria pun ingin dihormati dan dikagumi.

Jika mereka tidak mendapatkannya dalam hubungan yang dijalani, mereka akan beralih pada orang lain.

Kecenderungan kepada siapa mereka berpaling pun tidak terlalu mengejutkan. Menurut survei yang sama, sebagian orang mencari kepuasan tersebut di kantor.

Bahkan 40 persen di antara para pria itu mengakui berselingkuh dengan rekan kerja.

Menurut Neuman, rekan kerja wanita lebih mungkin mengagumi para pria tersebut serta prestasi kerja mereka, sperti dilansir dari laman Goodhousekeeping.

Namun yang lebih mengejutkan dari studi ini, kecantikan dan daya tarik fisik hanya memiliki sedikit peran sebagai alasan mereka selingkuh.

Terbukti 88 persen dari mereka yang disurvei mengungkap, mereka selingkuh dengan orang yang tidak secantik istri mereka. Sementara itu, 68 persen pria yang selingkuh merasa bersalah dan menyadari yang mereka lakukan salah.

TOPIK TERKAIT | Selingkuh Bisa Dipengaruhi Dua Faktor, Apa Saja?

Seperti diberitakan TOPMETRO.NEWS sebelumnya, praktik selingkuh kerap kali dipengaruhi beberapa faktor salah satunya dari faktor psikologis manusia. Dokter spesialis kedokteran jiwa dr. Aimee Nugroho, Sp.KJ mengatakan penyebab selingkuh umumnya dipengaruhi dua faktor yaitu internal dan eksternal.

“Biasanya dari internal merasa tidak bahagia dengan pasangan, ada sesuatu yang kurang didapatkan dari pasangan. Bisa berupa seks, merasa seksnya kurang atau tidak ada kedekatan emosional. Jadi dia membutuhkan seseorang untuk diajak bercerita, diajak sharing,” kata dokter Aimee saat siaran langsung Instagram beberapa hari lalu.

Penyebab lainnya bisa juga karena faktor ekonomi. Beberapa orang merasa tidak mendapat kesejahteraan materi yang cukup dari pasangannya, hingga mendorongnya berselingkuh dengan orang lain yang dapat memberinya materi.

“Keempat bisa juga mencari self respect. Misalnya orang yang diselingkuhi adalah orang yang terpandang, memiliki jabatan. Sehingga dia merasa bangga ketika selingkuh dengan seseorang yang memiliki pangkat karena merasa self respect-nya naik,” ucapnya.

sumber | pojoksatu/jpnn
reporter | jeremitaran

Related posts

Leave a Comment