Muncul BBM Pertalite Turbo RON 94, Harganya di Bawah Pertamax

BBM Pertalite Turbo

topmetro.news – Anda pernah mengisi BBM dengan campuran Pertalite dan Pertamax Turbo? Selamat. Anda adalah salah satu penemu Pertalite Turbo RON 94.

Iya benar. Istilah Pertalite Turbo RON 94 memang adalah karena pencampuran tersebut. Atau kita kenal dengan istilah opolsan. Jadi bukan dari Pertamina.

Anda isi BBM dengan Pertalite RON 90 dan Pertamax Turbo RON 98 dengan perbandingan 1:1, maka jadilah Pertalite Turbo RON 94. Sedikit agak ribet memang. Tapi sesederhana itulah prosesnya.

Dan setelah melalui perhitungan, ternyata Pertalite Turbo RON 94 ini harganya di bawah Pertamax.

Secara hitungan angka sederhana, dari penggabunggan keduanya dengan ratio 1:1 akan dapat bensin baru yang memiki RON 94. Pertalite RON 90 + Pertamax Turbo RON 98 = 90 + 98 = 188/2 = RON 94.

Kemudian secara mutu angka oktan atau RON jadi di atas Pertamax yang hanya memiliki RON 92.

Bagaimana dengan harganya? Menggunakan harga bensin di DKI Jakarta, simulasinya sebagai berikut: Pertalite Rp7.650 + Pertamax Turbo Rp9.850 = Rp17.500/2 = Rp8.750 per liter.

Jadinya dapat angka lebih murah, RON 94 dengan harga cuma Rp8.750 per liter. Bandingkan dengan Pertamax RON 92 dengan harga Rp9.000.

Ada selisih Rp 250 per liter. Jika isi bensin mobil 30 liter, berhemat Rp7.500. Sedikit lebih hemat dari Pertamax, tapi dapat bensin dengan RON sedikit lebih tinggi.

Artinya, Rupiah yang terselamatkan memang sedikit. Tapi RON yang Anda dapat menjadi lebih tinggi dari Pertamax.

BACA JUGA | Isi Bahan Bakar, Lebih Baik Pakai Nominal Rupiah atau Liter?

Kualitas Pertalite Turbo

Mengenai kualitas Pertalite Turbo, ahli konversi energi dari Fakultas Teknik dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung, Tri Yuswidjajanto Zaenuri membeberkannya.

“Kalau tujuannya untuk mengingkatkan nilai oktan dari bahan bakar oktan rendah jelas akan dapat manfaatnya,” ungkap Tri. “Dari segi unsur kimia, angka oktan yang lebih tinggi bisa mendongkrak angka oktan yang lebih rendah,” jelasnya.

Tapi, yang perlu kita ingat, bahwa bensin RON rendah seperti Pertalite memiliki aditif yang berbeda dengan bensin RON tinggi.

Bensin RON tinggi mengandung aditif seperti detergen lebih banyak sehingga pembakaran bersih. Efek jangka panjangnya ruang bakar di mesin juga tentunya lebih bersih, mesin pun lebih awet.

Dengan mencampurkan bensin RON rendah menjadikan penurunan fungsi utama, yaitu pembersih ruang bakar. “Kemampuan mengikis kerak karbon di ruang bakar jadi berkurang,” jelasnya lagi.

“Ruang bakar mesin akan tetap kotor,” tutup Yus lebih jelas.

Jika demikian, maka ruang bakar kotor harus sering servis dan mengeluarkan ongkos lebih.

sumber | Otomotifnet.com

Related posts

Leave a Comment