Bukan Vivo dan Oppo, Ternyata ini Ancaman Terbesar Samsung

smatphone China Xiaomi

topmetro.news – Vendor smatphone China Xiaomi menjual lebih banyak ponsel pada Bulan Juni ketimbang pesaingnya Samsung, Apple Vivo, dan Oppo. Ini merupakan laporan dari lembaga riset Counterpoint.

Pada Juni 2021, penjualan Xiaomi tumbuh 26% daripada bulan sebelumnya. Ini memberikan perusahaan pangsa pasar 17,1% dari total penjualan smartphone global pada Bulan Juni. Demikian laporan CNBC International, Jumat (6/8/2021).

Menurut Counterpoint, pada Juni lalu pangsa pasar penjualan smartphone Samsung 15,7% dan Apple 14,3%. Pada kuartal II-2021, Samsung merupakan pemegang pangsa pasar terbesar smartphone global. Peringkat kedua ada Xiaomi, kemudian menyusul Apple.

BACA JUGA | Mengapa Orang Indonesia Mulai Ogah Beli Hape Samsung?

Gangguan Produksi Samsung

Analis Counterpoint menjelaskan bahwa tren tersebut bisa bersifat sementara. Lonjakan kasus Covid-19 di Vietnam kemungkinan mengganggu produksi Samsung pada Juni lalu. Hal Itu menyebabkan kekurangan perangkat yang tersedia di pasar dari pembuat smartphone Korea Selatan.

Samsung mencatat gangguan produksi di Vietnam karena penguncian lokal (lockdown) dalam paparan kuartal kedua. Raksasa smartphone ini berharap produksi segera kembali ke tingkat normal.

“Sejak penurunan Huawei mulai, Xiaomi telah melakukan upaya yang konsisten dan agresif untuk mengisi celah yang tercipta oleh penurunan ini,” kata Tarun Pathak, direktur riset di Counterpoint. Ia menambahkan Xiaomi telah berkembang di pasar yang kosong sepeninggal Huawei. Seperti China, Eropa, Timur Tengah, dan Afrika.

Strategy Analytics bulan ini merilis riset yang menyatakan selama April hingga Juni, Xiaomi menjadi merek smartphone teratas di Eropa. Pangsa pasarnya mencapai 25%. Xiaomi juga menjadi pemain utama di India. Negara ini sendiri merupakan salah satu pasar smartphone dengan pertumbuhan tercepat di dunia.

sumber | CNBC Indonesia

Related posts

Leave a Comment