Baskami Ginting Minta Pemda Siaga Antisipasi Bencana

Ketua DPRD Sumut Desak Pemprovsu Bangun RSKO

topmetro.news – Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting mengimbau pemerintah daerah pemerintah provinsi dan pemkab/pemkot di Sumut agar siaga.

Baskami menjelaskan hal itu dalam rangka persiapan menghadapi ancaman bencana alam terkait musim penghujan di tengah Pandemi Covid-19.

“Semua saya kira harus bersiap siaga dalam menyiapkan antisipasi atau penanggulangan bencana alam di musim penghujan di tengah pandemi ini,” katanya, Selasa (16/11/2021).

Politisi senior PDI Perjuangan Sumut ini menuturkan, di beberapa daerah telah mengalami bencana alam seperti longsor dan banjir. “Seperti baru-baru ini banjir di Langkat, Sergai dan longsor di kawasan Sibolangit,” tambahnya.

Selain itu, menurut Baskami, pemda juga harus menyiapkan Standar Operasional Prosedur atau SOP terkait penanggulangan bencana alam di tengah Pandemi Covid-19.

Baskami juga meminta semua pihak bergotong royong, bahu-membahu dalam mengantisipasi dampak bencana yang sudah terjadi.

“Jadi daerah-daerah rawan bencana itu harus lebih ekstra lagi. Karena selain harus mengantisipasi wabah Virus Corona, juga harus siap siaga terhadap ancaman bencana alam seperti banjir,” kata dia.

Ia berharap Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menjadi garda terdepan dalam melakukan langkah antisipasi. Serta penanganan area dan warga yang terdampak bencana.

Orientasi Lingkungan

Tak hanya itu, Baskami juga meminta pemda maupun pemprov melakukan penbangunan berorientasi lingkungan.

“Kita harus tetap memperhatikan ekologi. Bagaimanapun saya menilai bencana ini bukan murni akibat alam saja. Melainkan ulah sebagian orang yang membangun tanpa memperhatikan aspek lingkungan. Juga seperti galian C ilegal yang sering kita temui di beberapa tempat,” ungkapnya.

Berita sebelumnya, longsor terjadi di Desa Rumah Kinangkung, Dusun III Tangguren, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang. Beberapa waktu lalu juga banjir merendam sebagian kawasan Sei Rampah, Serdang Bedagai dan kawasan Langkat.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment