Penghujung Tahun 2021, 99 Warga Gunung Intan Terima BLT dari Pemdes

Penghujung Tahun 2021, 99 Warga Gunung Intan Terima BLT DD dari Pemdes

topmetro.news –  Dipengunjung tahun 2021, 99 kepala keluarga (KK) di desa Gunung Intan Kecamatan Barumun Selatan (Barsel) Kabupaten Padang Lawas (Palas) menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahun anggaran 2021dari Pemerintah Desa (Pemdes) Gunung Intan.

Penyaluran berlangsung di Posko Covid-19, desa setempat (Gunung Intan) pada Sabtu (25/12/2021)

Tampak hadir, Camat Barumun Selatan Abner Harahap, pendamping desa M. Ansor Hasibuan dan Saima, Perangkat Desa serta BPD.

Dalam kesempatan itu, Pejabat Kepala Desa Gunung Intan Adi Sandra Siregar, S.STP dalam sambutannya mengatakan, BLT DD untuk bulan November dan Desember tahun 2021 ini. Masing-masing penerima menerima uang BLT sebesar Rp 600.000,

Pada pelaksanaan kegiatan ini, sambung Adi, pihaknya menerapkan Pepres (Peraturan Presiden) nomor 14 tahun 2021. Tentang perubahatan atas peraturan presiden nomor 99 tahun 2020, tentang pengadaan Vaksin dan pelaksanaan vaksinasi dalam rangka penanggulangan pandemi Corona Virus (Covid-19), pasal 13A, nomor 4 huruf A.

Vaksin Covid-19

Dengan penjelasan, setiap orang yang telah ditetapkan sebagai sasaran penerima vaksin Covid -19, yang tidak mengikuti vaksinasi, dikenakan sanksi administratif, penundaan atau penghentian pemberian jaminan sosial atau bantuan sosial. Kecuali bagi sasaran penerima vaksin covid-19, yang tidak memenuhi kriteria vaksin covid-19, sesuai dengan indikasi vaksin covid -19 yang tersedia. Sesuai pasal 13A nomor 3, pada Perpres nomor 14 tahun 2021 tersebut.

“Bagi masyarakat penerima BLT DD yang belum di vaksin Covid -19, dan memenuhi syarat untuk divaksin Covid-19 mohon maaf kami menunda penyaluran BLTnya. Sebelum mengikuti kegiatan Vaksinasi Covid-19 dan menyerahkan atau memperlihatkan bukti sertifikat vaksinasinya kepada kami,” terang Adi.

Adi mengucapkan terima kasih kepada Camat Barumun Selatan Abner Harahap beserta pendamping desa M. Ansor Hasibuan dan juga Saima atas kedatangan mereka dalam acara tersebut.

Melalui kegiatan ini, Adi juga berharap hubungan silaturrahmi dan sinergitas antara pihaknya dengan pemerintah kecamatan setempat. Juga para pendamping desa makin baik.

Sebelumnya, dalam kutipan sambutannya Abner Harahap mendukung Pemdes Gunung Intan menerapkan perpres nomo 14 tahun 2021 pada pelaksanaan penyaluran BLT tersebut. Untuk mencegah sekaligus memutus mata rantai wabah Covid-19, ia menambahkan sekaligus mengimbau kepada masyarakat luas. Khususnya di desa setempat  (Gunung Intan) supaya tetap menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari, di lingkungan sekitar masing-masing.

“Semoga kegiatan ini membawa berkah bagi kiya semua. Kiranya BLT yang dibagikan Pemdes Gunung Intan ini, juga dapat bermanfaat bagi seluruh penerima,” tutupnya.

 

Sumber: Fahmi Husein

Related posts

Leave a Comment