Bupati Asahan Buka Festival Seni Nasyid/Qasidah

Bupati Asahan Buka Festival Seni Nasyid/Qasidah

Topmetro.news – Bupati Asahan H Surya BSc membuka Festival Seni Nasyid/Qasidah di lapangan SDN 010106 Desa Sei Silau Barat Kecamatan Setia Janji, Selasa (12/7/2022).

Pembukaan diawali pawai ta’aruf diikuti peserta dari 25 Kecamatan, pihak Pemerintah Kecamatan, Kelurahan/Desa serta masyarakat.

Ketua pelaksana Buwono Prawana SIP MSi melaporkan festival seni Qasidah/Nasyid merupakan program Pemerintah. Yang dilaksanakan secara berjenjang mulai tingkat Desa/Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi sampai Nasional.

Lebih lanjut, Asisten I Sekdakab Asahan ini mengatakan kegiatan ini sesuai Keputusan Bupati Asahan No : 65.1 Bag-Kesra tanggal 21 Juni 2022. Festival dilaksanakan tanggal 12-15 Juli 2022. Jumlah peserta 638 orang (294 putra dan 344 putri). Cabang qasidah klasik diikuti 46 group (putra 21 group, putri 25 group). Kecamatan yang tidak mengirim group nasyid putra adalah Sei Kepayang, Sei Kepayang Timur, Simpang Empat dan Bandar Pulau.

Cabang bintang vokalis anak anak putra 10 orang, anak anak putri 14 orang, remaja putra 12 orang, remaja putri 12 orang, dewasa putra 14 orang, dewasa putri 13 orang. Cabang pop religi anak anak putra 11 orang, anak anak putri 13 orang, remaja putra 16 orang, remaja putri 17 orang.

Berikan Penilaian Terbaik

Ketua DPRD Asahan Baharuddin Harahap SH mengatakan kegiatan sejatinya selain dalam rangka menumbuh kembangkan kemampuan dan keterampilan menguasai seni nasyid yang merupakan seni budaya yang bernuansa Islam, pada hakekatnya juga adalah bagaimana agar seni budaya ini lebih dikenal dan diminati masyarakat yang pada akhirnya secara bersama sama pula kita bisa membangun dan mengembangkannya sebagai sarana dakwah Islam menuju keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Selain itu Ketua berharap kepada semua peserta, berlombalah dengan penuh semangat. Ikut berlomba bukan hanya mengejar kemenangan semata, akan tetapi lebih dari itu. Kehadiran kita juga membuktikan cinta kita pada seni budaya bernuansa Islami.

Bupati Asahan mengatakan kegiatan ini sebagai arena untuk mengetahui sejauh mana hasil pembinaan yang telah dilakukan. Mulai tingkat Desa/Kelurahan, Kecamatan sampai Kabupaten yang pada hakikatnya sebagai upaya Pemkab Asahan. Dalam mewujudkan visi misi sejahtera, religius dan berkarakter.

“Kami berharap para dewan juri mampu memberikan penilaian kepada seluruh peserta yang terbaik. Agar dapat menjadi duta Asahan di tingkat Propinsi bahkan Nasional”, kata Bupati.

Lebih lanjut Bupati mengatakan tampilah dengan bakat dan kemampuan terbaik yang dimiliki. Tunjukkanlah hasil latihan selama ini dan manfaatkanlah kesempatan ini untuk saling bersilaturrahmi. Dan mengenal dengan sesama peserta yang memiliki minat dan bakat yang sama.

Bupati mengingatkan kepada  seluruh masyarakat agar tetap mematuhi prokes, ketertiban dan keamanan. Dalam menyongsong Pilkades serentak di 89 Desa yang akan dilaksanakan tanggal 7 September 2022.

Tampak hadir : Bupati dan Wabup Asahan, Ketua DPRD, Danlanal TBA, Kajari Asahan, Dandim 0208/Asahan, Kapolres Asahan, Danyon 126/KC, Sekda Asahan, Kakankemnag Asahan, Ketua MUI Asahan, Ketua Imtaq Asahan, Ketua FKUB Asahan, Ketua LASQi Asahan, OPD, Kabag, Camat, Kades, Lurah, General Manager PTPN III Sei Silau dan masyarakat.

Penulis | EN.

Related posts

Leave a Comment