Turunkan Berat Badan, Nih Menu Diet Kamu Selama Sebulan

Turunkan berat badan1

TOPMETRO.NEWS – Turunkan berat badan, salah satu caranya menyeleksi makanan yang masuk dalam tubuh. Menurunkan berat badan dengan cara menjalani diet tentunya tak sembarangan. Sebab, meski berfokus untuk menurunkan asupan kalori, kamu perlu mengonsumsi makanan bergizi setiap hari.

Jika saat ini kamu ingin diet, kamu mungkin bingung menu apa saja yang perlu dikonsumsi.

Namun, kamu tidak perlu khawatir karena ada rekomendasi menu diet sehat 30 hari untuk membantu turunkan berat badan. Penasaran apa saja menunya? Yuk, simak ulasannya di sini!

Rekomendasi Menu Diet Sebulan

Berikut rekomendasi menu diet satu bulan yang bisa kamu ikuti di rumah, antara lain:

1. Senin (Hari Pertama)

Menu hari pertama adalah oatmeal dengan topping buah atau yogurt yang memiliki banyak kandungan serat, mineral, dan karbohidrat. Makanan ini dapat kamu konsumsi di pagi hari sebagai sarapan, sekaligus makan siang dan makan malam.

2. Selasa (Hari Kedua)

Hari kedua, kamu dapat menyantap sarapan berupa telur dadar atau orak arik, dilanjutkan dengan ayam panggang beserta tomat dan wortel. Di waktu makan malam, kamu bisa mengonsumsi nasi merah dengan lauk seperti ikan atau ayam.

3. Rabu (Hari Ketiga)

Sebaiknya konsumsilah buah lebih banyak dengan persentase 50 persen. Misalnya seperti pisang, melon, alpukat, atau jeruk. Sementara itu, 50 persen sisanya kamu dapat mengonsumsi sayuran atau biji-bijian. Mulai dari bayam, sawi, tomat, mentimun, dan brokoli.

4. Kamis (Hari Keempat)

Kamu perlu mengurangi porsi makanan, tetapi jangan sampai melewatkan sarapan. Dianjurkan untuk mengonsumsi smoothies buah alpukat saat siang atau malam. Selain itu, kamu juga dapat mengonsumsi salad sayur dengan dressing minyak zaitun.

5. Jumat (Hari Kelima)

Kamu dapat mengonsumsi sandwich roti gandum berisikan selai kacang. Dilanjutkan dengan salad sayur yang dilengkapi daging ayam sebagai makan siang. Malamnya, kamu dapat mengonsumsi telur rebus dengan sayuran rebus.

6. Sabtu (Hari Keenam)

Menu sarapan yang dapat dikonsumsi adalah yogurt yang dapat dikombinasikan dengan sereal atau buah. Pada makan siang, kamu dapat mengganti nasi dengan jagung.

7. Minggu (Hari Ketujuh)

Saat akhir pekan, sebenarnya momen ini dapat dijadikan sebagai cheat day dalam memilih menu. Artinya, kamu memiliki kebebasan untuk makan apa saja, asalkan tidak berlebihan.

Rekomendasi menu ini dapat dikonsumsi secara berulang dalam 30 hari.

Makanan yang Harus Dihindari selama Diet

Selama diet 30 hari, kamu harus menghilangkan makanan tertentu dari menu makanan, seperti:

> Gula dan pemanis buatan: gula mentah, madu, sirup maple, dan pemanis buatan.

> Alkohol: semua jenis bir, anggur, minuman keras, dan minuman beralkohol.

> Gorengan dan camilan yang digoreng seperti keripik kentang.

> Es krim dan junk food yang gizinya tidak seimbang seperti pizza.

> Makanan yang mengandung aditif olahan: karagenan, MSG, atau sulfit.

Itulah rekomendasi menu diet selama 30 hari yang dapat dilakukan secara berulang. Pastikan untuk memilih makanan yang tepat yang dikonsumsi.

Selain itu, diet yang sehat tentunya juga perlu diimbangi dengan olahraga secara rutin, agar proses penurunan berat badan dapat berjalan maksimal.

BACA PULA | Stres Diet Ketat, Coba 10 Jurus Jitu Ini

Seperti dilaporkan TOPMETRO.NEWS sebelumnya, stres diet ketat, hmmm tak masalah! Memang persoalan kegemukan atau lipatan lemak seringkali bikin stres banyak orang.

Sayangnya masih banyak orang yang diet dengan cara yang salah kaprah. Akibatnya, orang bisa jatuh sakit karena diet ketat yang keliru tadi.

Padahal cukup dengan melakukan pola hidup sehat dan bijak dalam memilih makanan, sudah bisa menjadi alarm bagi tubuh.

sumber\foto | KAIROS
reporter | jeremitaran

Related posts

Leave a Comment