Bikin Kecanduan! Berikut Jenis Obat Tidur Beserta Efeknya

Bikin Kecanduan! Berikut Jenis Obat Tidur Beserta Efeknya

topmetro.news – Saat mengonsumsi obat tidur, hal pertama yang harus Anda ketahui adalah jenis obat tidur yang beredar di pasaran dan pengaruhnya terhadap kesehatan Anda. Hal ini dilakukan agar kita tidak salah memilih obat dan malah menjadi ketergantungan pada obat tidur yang telah kita pilih.

Tapi itu tidak terjadi jika kita sangat berhati-hati saat membeli obat dari apotek. Berikut adalah jenis-jenis obat tidur dan pengaruhnya terhadap kesehatan fisik:

Alprazolam

Alprazolam adalah golongan obat benzodiazepin yang fungsi utamanya meredakan gangguan kecemasan dan panik. Namun, obat ini juga biasa digunakan untuk mengobati insomnia. Contoh merek dagang Alprazolam adalah Xanax, Niravam, dan Xanor. Alprazolam, suatu benzodiazepin, memiliki efek samping yang dapat membahayakan kesehatan Anda. Selain itu, risiko kecanduan narkoba juga tinggi, yang dapat menyebabkan overdosis.

Lorazepam

Lorazepam adalah obat yang juga merupakan benzodiazepin, tetapi fungsi utamanya adalah untuk mengobati gangguan kecemasan, insomnia dan kegelisahan dengan menghasilkan efek sedatif setelah konsumsi. Sebagai bantuan tidur, lorazepam kadang-kadang digunakan untuk mengobati kecemasan sebelum operasi. Jenis obat ini juga membuat ketagihan. Contoh obat-obatan adalah Ativan, Tavor, dan Temesta.

GABA Pills

GABA pills sering diresepkan oleh dokter untuk mengobati insomnia. Diperkirakan risiko kecanduan rendah karena hanya mengakses reseptor GABA di otak tanpa mengganggu reseptor lain. Saat digunakan, tablet GABA bereaksi cepat terhadap tubuh dan membuat seseorang mengantuk. Tapi, di pagi hari efeknya hampir tidak terlihat.

Estazolam

Estazolam adalah golongan obat yang termasuk dalam jenis benzodiazepin yang terikat pada cincin triazol. Obat ini bekerja dengan mengendurkan otot dan menghasilkan efek sedatif. Tentu saja, obat ini juga biasa digunakan untuk mengobati insomnia dan insomnia.

Obat ini harus digunakan dengan resep dokter untuk mencegah keracunan. Kemungkinan efek samping termasuk kekakuan otot, sakit kepala, kelelahan saat bangun tidur, dan kantuk di siang hari.

Diphenhydramine

Diphenhydramine adalah obat yang fungsi utamanya adalah untuk mengobati gejala alergi dengan mengandung antihistamin. Namun, obat tersebut juga bisa digunakan untuk mengobati insomnia, flu, dan penyakit Parkinson. Obat ini dapat menimbulkan efek samping seperti B. Konsentrasi yang buruk. Hal ini juga dapat menyebabkan depresi.

Itulah berbagai jenis obat tidur dan efeknya pada tubuh kita. Jenis obat tidur lainnya yang dapat digunakan adalah Diazepam, Zolpidem Temazepam, dan Doxylamine.

Penulis | Fatih

Related posts

Leave a Comment