Menggali Sejarah dan Faktor Meningkatnya Popularitas Mobil Listrik

Menggali Sejarah dan Faktor Meningkatnya Popularitas Mobil Listrik

topmetro.news – Kendaraan listrik sedang mengalami lonjakan popularitas saat ini di beberapa negara seperti Amerika, China dan Eropa kepopuleran mobil listrik di negara tersebut menjadi alasan untuk menentukan tujuan untuk menghentikan kendaraan bertenaga bahan bakar fosil.

Selain ketiga negara diatas beberapa negara diduniapun ikut andil dalam mempopulerkan kendaraan listrik ini termasuk didalamnya negara Indonesia sendiri yang sedang gencar-gencarnya untuk berinovasi dalam dunia otomotif.

Pertumbuhan Mobil Listrik

Mari kita lihat beberapa faktor kunci di balik pertumbuhan dan popularitas mobil listrik saat ini. Berdasarkan data statistik pada 2016, mobil listrik mengalami peningkatan penjualan dari 3 juta unit menjadi 4 juta unit mobil listrik terjual di seluruh dunia. Melampaui 3 juta pada 2015 dan pada tahun 2020 nilai transaksi penjualan mobil listrik diseluruh dunia mencapai $42 miliar.

Berdasarkan jumlah yang diedarkan ke pasar global Amerika memimpin dengan lebih dari 400 ribu mobil listrik, diikuti oleh China, Jepang di seluruh Eropa, sekarang ada sekitar 150 ribu mobil listrik ,selain itu juga beberapa negara Eropa telah menetapkan untuk berencana memproduksi mobil listrik seperti halnya Norwegia  Prancis, Swedia, dan Belanda.

Karena negara-negara seperti diatas telah mengumumkan rencana untuk melarang penjualan mobil bermesin bensin dan diesel baru pada tahun 2040. Pergeseran ini disebabkan oleh dua faktor utama

Lebih Lanjut

Peningkatan harga bahan bakar dan standar emisi yang lebih ketat untuk mesin bertenaga gas yang dapat mencemari udara dan ketergantungan terhadap bahan bakar fosil.

Selain itu, per Desember 2017, Tesla telah menerima 455 ribu preorder untuk sedan Model 3-nya. Dan Porsche akan merilis mobil sport all-electric pada 2019 yang mampu menempuh jarak 310 mil dengan sekali pengisian daya.

Oleh karena itu, versi yang lebih baru  peraturan ini lebih murah bagi perusahaan yang memproduksi mobil listrik. Karena mereka tidak bergantung pada bahan bakar fosil. Misalnya, Tesla menjual seluruh jajaran EV ( Electric Vehicle ) mewahnya tanpa mengeluarkan polutan knalpot sama sekali.

Bagaimana Anda Mendapatkan EV? Jika Anda tertarik dengan kendaraan listrik, tetapi tidak tahu harus mulai dari mana, kami siap membantu! Langkah pertama adalah memutuskan apakah gaya hidup dan anggaran Anda dapat mengakomodasi kendaraan listrik atau tidak. Jika Anda tinggal dekat dengan tempat kerja dan memiliki perjalanan singkat, mungkin sulit untuk membenarkan tingginya biaya EV pada saat ini. Namun, jika Anda tidak banyak mengemudi, atau dapat mengisi daya mobil Anda dengan panel surya di atap rumah Anda, maka mobil listrik mungkin cocok untuk Anda! Ada juga beberapa insentif lain, seperti kredit pajak dan subsidi yang dapat menurunkan biaya kepemilikan kendaraan listrik. Lihat posting blog kami Bagaimana Anda Mendapatkan EV? untuk info lebih lanjut tentang manfaat ini!

Berapa Lama Untuk Mengisi EV?

Waktu yang diperlukan untuk mengisi EV bervariasi tergantung pada ukuran baterai, jenis EV, dan sumber daya. Rata-rata, sebagian besar EV dapat diisi penuh dalam semalam atau dalam satu atau dua jam di stasiun pengisian umum, menurut pembuat mobil listrik Tesla. Perusahaan merekomendasikan untuk mencolokkan kendaraan ke pengisi daya saat tidak digunakan dalam waktu lama untuk memaksimalkan masa pakai baterai dan mencegah kerusakan.

Haruskah saya membeli Mobil Listrik

Jika mempertimbangkan untuk membeli mobil listrik. Inilah pertanyaan paling penting untuk ditanyakan pada diri sendiri: Apakah kita tinggal dan bekerja di daerah perkotaan?

Jika iya, jawabannya mungkin iya.

Selain itu juga sebelum membeli mobil listrik usahakan kota atau wilayah tempat tinggal memenuhi beberapa hal seperti :

  1. Adanya biaya intensif.
  2. Adanya parkir preferensial.
  3. Dan stasiun pengisian bahan bakar.

Mobil listrik kini dapat melakukan perjalanan lebih jauh tanpa harus diisi daya. Dan beberapa model dapat diisi dengan cepat dengan pengisi daya cepat.

Apa Kelebihan mobil listrik?

Salah satu yang paling signifikan adalah biaya perawatannya yang jauh lebih murah daripada mobil bertenaga gas. Selain lebih murah untuk dibeli dan dirawat.

EV juga menghasilkan lebih sedikit emisi dan tidak memerlukan infrastruktur pengisian bahan bakar yang luas seperti yang dilakukan mobil bertenaga bensin. Plus, Anda tidak perlu pergi berburu pom bensin saat baterai Anda habis.

Penulis | Uca

Related posts

Leave a Comment