Berkeinginan Membela Timnas Indonesia, Sandy Walsh Harus Rela Menunggu Selama 6 Tahun

Berkeinginan Membela Timnas Indonesia, Sandy Walsh Harus Rela Menunggu Selama 6 Tahun
Advertisement

topmetro.news – Sandy Walsh merupakan salah satu pemain liga Europa pada tahun 2016/2017. Saat itu ia menjadi bagian dari KRC Genk, saat itu club yang ia bela berhasil melaju sampai ke babak perempat final liga Europa. Saat itu pula Sandy bermain satu club bersama Timothy Castagne dan Leandro Trossard. Yang mana kedua pemain tersebut sekarang lagi membela Timnas Belgia pada perhelatan piala dunia 2022. Setelah kompetisi tersebut Sandy memiliki keinginan membela Timnas Indonesia, dan ia mengaku untuk menjadi pemain Timnas, ia harus rela menunggu selama 6 tahun.

Awal ketertarikan Sandi untuk bermain dengan Timnas Indonesia terjadi setelah ia melihat salah satu media yang memberitakan mengenai adanya pemain berdarah Indonesia yang tengah membela club hingga lolos ke babak perempat final liga Europa.

Sandy Walsh mengatakan dalam wawancaranya dengan fifa, bahwa “Setelah saya tidak sekolah formal sama sekali agar saya fokus kepada karir sepakbola. Disitu ada momen saya mencapai perempat final liga Europa bersama KRC Genk. Saya ingat ada berita dari Indonesia tentang pemain Eropa berdarah Indonesia mencapai perempat final liga Eropa”.

Lebih Lanjut

Setelah momen tersebut, terjalinlah komunikasi yang baik bagi kedua belah pihak yakni PSSI dengan Sandy Walsh. Pemain 27 tahun itu ingat betul bahwa nenek dan kakeknya berasal dari Indonesia, hal inilah yang membuat Sandy tertarik untuk ikut serta membela Timnas Indonesia. Meski demikian, Sandy tidak langsung dapat mengenakan seragam kebesaran Timnas, karena ia masih berstatus sebagai Warga Negara Belanda. Oleh sebab itu ia harus rela menunggu 6 tahun untuk menjadi pemain naturalisasi, dan resmi berstatus WNI.

“Saya ingat-ingat lagi saat nenek dan kakek saya menceritakan kedekatan mereka dengan karir saya. Keluarga saya tidak pernah lupa betapa besarnya antusias dan cinta terhadap sepak bola di beberapa tempat di Indonesia sepak bola dianggap segalanya. Jadi, akan menjadi pengalaman luar biasa jika bisa bermain untuk Indonesia. Jadi saya pikir lima tahun atau enam tahun yang lalu saya membuat keputusan itu setelah ketemu dengan PSSI,” tambah dari Sandy Walsh.

Tepat pada tanggal 17 November 2022, ia bersumpah setia terhadap NKRI, prosesi tersebut berlangsung di Kanwil Kemenkumham, Jakarta.  Denagn demikian Sandy Walsh sudah resmi menjadi Warga Negara Indonesia, serta ia juga sudah bisa berlatih dan bermain bersama Timnas Garuda.

Penulis | Rifat

Advertisement

Related posts

Leave a Comment