Teknologi Wi-Fi 6, Jaringan Wireless Super Cepat

Teknologi Wifi 6, Jaringan Wireless Super Cepat

topmetro.news – Pada satu dekade terakhir ini semakin banyak aktivitas hidup kita yang beralih ke online, serta internet nirkabel telah membantu mewujudkan transisi tadi. Versi terkini teknologi ini Wi-Fi 6, yang jua diklaim dengan 802.11ax.

Kata “Wi-Fi” diciptakan organisasi irlaba Wi-FiAlliance serta mengacu di kumpulan protokol jaringan nirkabel yg berbasis baku jaringan IEEE 802.11. Wi-Fiyang sudah hadir Sejak tahun  90-an akhir, namun kehadirannya meningkat pesat dalam dekade terakhir.

Guna membentuk perbedaan yang lebih jelas antara setiap generasi, Wi-Fi Alliance baru-baru ini mengadopsi kesepakatan penamaan yg lebih tradisional, dengan menghilangkan penamaan 802.Xx untuk akhiran numerik yang disederhanakan. Kesepakatan  pelabelan yang lebih simple ini (Wi-Fi 6 vs. 802.11ax) memudahkan buat mengetahui generasi teknologi apa yang sedang digunakan serta buat menentukan kompatibilitas dengan perangkat yang mendukung versi tadi.

Apa Yang Berbeda Dengan Wi-Fi 6?

Wi-Fi 6 adalah upgrade terbaru atas generasi sebelumnya, meskipun perbedaannya tidak terlalu terasa bagi pengguna. Perubahan ini mungkin tak membarui cara kita memakai router nirkabel atau jaringan nirkabel secara dramatis. Tetapi perubahan ini terdapat banyaknya peningkatan inkremental yang menumpuk hingga menjadi peningkatan yang substansial.

Kecepatan Yang Lebih Tinggi

Perubahan paling nyata adalah bahwa Wi-Fi 6 memungkinkan kecepatan koneksi yang berpotensi lebih cepat.

Wi-Fi yg lebih cepat berarti kecepatan unggah dan  unduh (atau throughput) yg lebih tinggi karena peningkatan bandwidth yg ditawarkan sang Wi-Fi 6. Hal ini menjadi semakin penting karena ukuran file terus bertambah, seiring menggunakan tuntutan data yang lebih tinggi dari streaming video berkualitas-tinggi serta game online yang sarat komunikasi. Memainkan game multipemain sambil melakukan streaming twitch* memerlukan bandwidth besar serta koneksi yang andal serta stabil.

Kelebihan Wi-FI 6 802.11AX

  • 9,6 Gbps artinya throughput maksimum Wi-Fi 6. Bandingkan denganWi-Fi5yang memperlihatkan kecepatan maksimum 3,5 gbps. Namun begitu, ini hanyalah angka maksimum teoretis; kenyataannya, jaringan lokal mungkin tidak mencapai kecepatan terbaik ini, sebab angkamaksimum dibagi dengan banyak sekali perangkat, perangkat dengan Wi-Fi 6 bisa menikmati kecepatan yg lebih tinggi secara signifikan bahkan Jika perangkat tersebut tak mencapai potensi maksimumnya.
  • Kecepatan yang lebih cepat dibandingkan dengan Wi-Fi5. Ini berasumsi bahwa anda menggunakan router Wi-Fi dengan satu perangkat. Wi-Fi 6 dapat mencapai kecepatan transfer data yg lebih tinggi melalui banyak sekali teknik. Mulai berasal enkode data yang lebih efisien dan perangkat cerdas dari spektrum nirkabel yang dimungkinkan oleh prosesor yang lebih kuat.
  • Wi-Fi 6 bisa menghasilkan latensi sampai 75% lebih rendah. Ini dicapai dengan menangani sejumlah besar lalu lintas jaringan dengan lebih efisien. Bagi gamer, ini berarti pengunduhan game yang lebih cepat. Kecepatan pengunggahan yang lebih baik buat permainan game streaming, serta multitugas media yang bekerja lebih baik.
  • Wi-Fi 6 menjadikan sinyal nirkabel dan kabel lebih dekat dengan paritas. Hal ini berpotensi membebaskan lebih banyak pengguna dari kendala terhubung ke modem mereka dengan kabel. Banyak gamer atau kreator konten masih terhubung ke router atau switch jaringan melalui kabel Ethernet alih-alih memanfaatkan fleksibilitas yang disediakan jaringan nirkabel. Wi-Fi 6 membantu menjembatani gap antara konektivitas kabel dan nirkabel.

Penulis | Verdiyanto

Related posts

Leave a Comment