BTN Dorong Digitalisasi Pasar Tradisional

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) mendorong implementasi ekosistem digitalisasi pasar di seluruh Indonesia dengan memanfaatkan SuperApp BTN Mobile

topmetro.news – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) mendorong implementasi ekosistem digitalisasi pasar di seluruh Indonesia dengan memanfaatkan SuperApp BTN Mobile. Penggunaan aplikasi SuperApp BTN Mobile diyakini bakal mempermudah para pedagang melakukan transaksi usahanya.

Ada pun salah satu pasar yang dijadikan target implementasi ekosistem digitalisasi pasar yakni Pasar Tagog, Padalarang, Bandung Barat. Di kawasan tersebut, perseroan akan menggelar Serbu Pasar BTN dengan melaunching Ekosistem Digitalisasi Pasar Tagog.

Direktur Utama BTN Haru Koesmahargyo mengatakan, perseroan membuka dan mendekatkan diri dengan pasar sebagai ekosistem perumahan untuk memperkuat sistem pembayaran dan juga inklusi keuangan. Sehingga transaksi dari pedagang lebih cepat, lebih murah dan mudah.

Dengan demikian volume perdagangan akan makin tinggi dan para pedagang akan bisa tumbuh dan berkembang ke depannya.

Launching ekosistem digitalisasi pasar sejalan dengan tujuan perseroan untuk memperluas bisnisnya di segmentasi retail, seperti pedagang, pengusaha, dan nelayan.

“BTN mobile nantinya akan menjadi sebuah pioneer dalam pengembangan ekosistem digital pasar ini. Karena BTN Mobile juga akan menjadi solusi nyata untuk mempermudah seluruh layanan transaksi pedagang pasar untuk menjalankan kegiatan operasionalnya sehari-hari,” ujar Haru usai saat Launching Ekosistem Digitalisasi Pasar Tagog, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Selasa (7/3/2023).

Menurut Haru, saat ini pasar tetap memiliki peranan penting dalam kehidupan masyarakat. Sehingga Bank BTN dituntut untuk mendukung pengembangan ekosistem pasar menuju era digitalisasi. Hal ini agar para pedagang pasar bisa merasakan kemudahan dalam hal transaksi dan layanan perbankan lainnya.

Dalam pengembangan ekosistem digitalisasi pasar produk transaksi yang akan ditawarkan BTN meliputi QRIS/EDC, Agen Batara, Tabungan Batara dan Tabungan Bisnis. Sedangkan pengembangan ekosistem pembiayaan kepada para pedagang, produk yang ditawarkan meliputi KPR Subsidi, KUR dan KUMKM.

Ekosistem

Sedangkan untuk pengembangan ekosistem bisnis, BTN akan bekerjasama dengan pengelola Pasar Tagog yakni PT Bangunbina Persada. Kerjasama itu dalam layanan perbankan seperti giro, deposito, kredit konstruksi, payroll dan lain sebagainya.

Pasar Tagog Padalarang terpilih sebagai salah satu pengembangan ekosistem digitalisasi pasar karena menjadi salah satu pasar tradisional terbesar di Kabupaten Bandung Barat. Serta sudah berdiri lebih dari 20 tahun. Saat ini Pasar Tagog di bawah pengelolaan PT Bangunbina Persada selama 15 tahun. Serta telah memiliki total kios 1.600 unit dan 1.200 pedagang.

Setelah Pasar Tagog, BTN akan memperluas pengembangan ekosistem digitalisasi ke berbagai pasar di seluruh Indonesia. Perseroan akan melakukan sinergi bersama semua stakeholder pasar, seperti pengelola, pedagang, paguyuban pedagang. Juga melibatkan masyarakat yang memiliki peran penting di dalam pengembangan ekosistem ini.

Bank BTN akan terus melakukan kegiatan-kegiatan yang akan terus mendukung pengembangan ekosistem di pasar tersebut. Seperti pembukaan booth, sosialisasi produk, pelatihan, kegiatan sosial, dan kerjasama branding BTN.

Sinergi Kemendag

Sementara itu Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengatakan, implementasi digitalisasi pasar merupakan sinergi antara Bank BTN dengan Kementerian Perdagangan (Kemendag). Dalam satu tahun ini Kemendag menargetkan 1.000 pasar di seluruh Indonesia bisa terdigitalisasi.

“Saya pikir ini luar biasa BTN. Ini merupakan bukti konkrit BTN melakukan digitalisasi. Terima kasih banyak Pak Direktur Utama beserta jajaran yang juga memastikan dan mengadakan di pasar- pasar rakyat. Karena kami penguatannya adalah di pasar-pasar tradisional,” tegas Jerry.

Menurut Jerry, Kemendag mengharapkan Perbankan Himbara khususnya BTN bisa membantu pemerintah memajurkan pasar rakyat. Pasalnya, pasar rakyat adalah sentraekonomi atau sentraperdagangan yang memastikan bahwa perputaran transaksi banyak di situ, serta memudahkan masyarakat.

“Kami sangat mendukung upaya Bank BTN dalam menerapkan digitalisasi di pasar. Kami mengecek langsung ke lapak-lapak pedagang memastikan bahwa transaksi bisa berlaku secara cashless. Tidak menggunakan uang tunai dan itu berhasil,” paparnya.

Sementara itu, anggota DPR Komisi XI DPR Puteri Anneta Komarudin menambahkan, sebagai mitra kerja BTN di Komisi XI DPR RI, ia menyambut baik penandatanganan MoU antara BTN dengan PT Bangunbina Persada dalam rangka optimalisasi pasar-pasar modern binaan di Kabupaten Bandung Barat, khususnya Pasar Tagog Padalarang.

“Ini merupakan suatu langkah positif dari Bank BTN yang semakin gencar dalam menggarap segmen pelaku pasar. Yang memang selama ini masih sangat membutuhkan kemudahan akses keuangan formal dari perbankan, termasuk lewat Bank BTN,” katanya.

reporter | Robert Siregar/Rel

Related posts

Leave a Comment