Bisakah Anda Mengobati Infeksi Ginjal di Rumah?

bagaimana mengobati infeksi ginjal di rumah

topmetro.news – Pertanyaan pertama yang muncul kalau membahas masalah ginjal adalah: Apakah infeksi ginjal memprihatinkan? Bisakah mengobati infeksi ginjal di rumah?

APA INFEKSI GINJAL?

Infeksi ginjal adalah kondisi medis serius yang membutuhkan perawatan cepat. Infeksi ini sering mulai sebagai infeksi saluran kemih (ISK) atau infeksi kandung kemih, yang kemudian menyebar dan mempengaruhi satu atau kedua ginjal.

Gejala-gejalanya bisa muncul dari antara yang ada di bawah ini:

  • Demam
  • Panas dingin
  • Sakit punggung atau samping
  • Nyeri pangkal paha
  • Sakit perut
  • Mual dan muntah
  • Sering buang air kecil
  • Urine yang berwarna, berbau tidak enak, atau mengandung darah

Anda mungkin dapat mengobati infeksi ginjal atau menggunakan pengobatan rumahan bersama dengan perawatan medis yang diresepkan untuk meredakan beberapa gejala dan meningkatkan kesehatan ginjal. Tetapi Anda tidak boleh mencoba mengobati sendiri. Anda harus selalu pergi ke dokter terlebih dahulu untuk diagnosis dan mendiskusikan pilihan perawatan.

MENCARI PERAWATAN MEDIS SEGERA

Kapan mencari perawatan medis segera?

ISK memang membuat tidak nyaman. Tetapi infeksi ini belum termasuk kondisi darurat medis. Namun beberapa orang membuat kesalahan dengan menganggap hal yang sama berlaku dengan infeksi ginjal.

Kalau sudah infeksi ginjal, maka ini adalah kondisi serius dan membutuhkan perawatan medis. Kalau tidak segera diobati, maka infeksi ginjal dapat dengan cepat menyebabkan kerusakan ginjal jangka panjang atau jaringan parut ginjal. Infeksi ini juga dapat menyebabkan sepsis, yang dapat menyebabkan syok.

Karena itu, infeksi ginjal bisa berakibat fatal jika dibiarkan berlanjut. Jangan ambil risiko dengan tidak melakukan penanganan oleh seorang profesional medis.

Perawatan medis

Antibiotik adalah garis pertahanan pertama terhadap infeksi ginjal. Jika infeksi ginjal tidak parah, dokter Anda mungkin akan memberi Anda antibiotik oral untuk dimakan sekali atau dua kali sehari selama 10 hingga 14 hari. Dalam hal ini, Anda harus menuntaskan semua konsumsi obat yang dianjurkan dokter. Bahkan jika Anda merasa lebih baik dalam beberapa hari. Dokter Anda juga akan mendorong Anda untuk minum banyak air.

Untuk infeksi ginjal parah mungkin memerlukan rawat inap di rumah sakit. Anda akan diberikan cairan dan antibiotik secara intravena melalui infus, yang keduanya dapat membantu mengobati infeksi.

Jika Anda mengalami ISK berulang yang memungkinkan Anda berpotensi mengalami peningkatan risiko infeksi ginjal, maka dokter akan membantu Anda menentukan penyebab frekuensinya dan membantu Anda mencegah infeksi lebih lanjut.

BACA JUGA:

Kenali 15 Gejala Penyakit Ginjal Ini

Benarkah Bir Baik untuk Ginjal dan Mencegah Diabetes?

MENGOBATI INFEKSI GINJAL DI RUMAH

Perawatan komplementer juga dapat Anda lakukan di rumah

Beberapa orang lebih memilih untuk mengobati infeksi ginjal atau kondisi medis dengan pengobatan rumah atau pengobatan alternatif.

Namun, berdasarkan tingkat keseriusan infeksi ginjal, penting untuk diketahui, agar Anda jangan bergantung pada pengobatan rumahan. Sebagai gantinya, Anda harus meminum obat sesuai dengan resep antibiotik yang diberikan dokter dan menggunakan pengobatan rumahan hanya untuk membantu meredakan gejala atau rasa sakit.

Terapi pengobatan di rumah

Namun Anda dapat juga menggunakan terapit pengobatan rumahan untuk menghindari ISK dan memperbaiki fungsi ginjal:

1. Minum banyak air

Minum banyak air dapat membantu menyiram bakteri dari tubuh, membantu pennyembuhan infeksi lebih cepat. Minum banyak air juga dapat membantu membersihkan seluruh sistem saluran kencing.

Minum banyak air juga dapat membantu mencegah ISK yang dapat menyebabkan infeksi ginjal. Jadi ini adalah cara yang baik untuk dilakukan. Usahakan minum setidaknya delapan gelas cairan setiap hari.

2. Minum jus cranberry

Jus cranberry telah lama digunakan sebagai obat untuk infeksi ISK dan kandung kemih. Ada beberapa bukti bahwa meminum jus cranberry dapat membantu atau mencegah ISK pada beberapa orang.

Banyak orang lebih menyukai rasa manis jus cranberry yang dicampur dengan air. Ini membantu mereka untuk minum lebih banyak. Namun, jus cranberry yang penuh dengan pemanis tambahan tidak bagus untuk Anda. Suplemen cranberry atau jus cranberry murni adalah cara yang lebih sehat untuk mendapatkan manfaat cranberry.

3. Hindari alkohol dan kopi

Peran ginjal yang paling penting adalah menyaring zat dan racun berbahaya. Dalam hal ini, baik alkohol maupun kafein memerlukan kerja ekstra dari ginjal. Ini dapat menghambat proses penyembuhan dari infeksi. Alkohol dan antibiotik juga tidak boleh dicampur. Jadi hindari alkohol selama perawatan Anda untuk alasan ini juga.

4. Ambil probiotik

Probiotik memiliki dua manfaat besar untuk mengobati infeksi ginjal. Yang pertama adalah untuk membantu menjaga bakteri sehat dalam tubuh Anda, meskipun antibiotik dapat menyingkirkan bakteri ‘baik’ dan ‘jahat’.

Ada juga bukti bahwa probiotik dapat membantu ginjal dalam memproses bahan limbah. Dan semakin baik ginjal Anda berfungsi, semakin efektif perawatannya.

5. Asupan mengandung vitamin C

Vitamin C adalah antioksidan kuat yang membantu melindungi jaringan di dalam tubuh dari stres oksidatif, yang secara otomatis dapat membantu meningkatkan kesehatan ginjal. Ada juga penelitian lebih lama yang menunjukkan bahwa vitamin C dapat mencegah jaringan parut ginjal selama infeksi ginjal akut dan meningkatkan enzim di dalam ginjal. Anda bisa mengonsumsi suplemen vitamin C atau makanan padat dalam nutrisi.

6. Coba jus peterseli

Jus peterseli adalah diuretik padat-nutrisi yang dapat meningkatkan frekuensi dan jumlah buang air kecil. Ini dapat membantu mengeluarkan bakteri di ginjal lebih cepat, membuat antibiotik lebih efektif. Jika Anda tidak menyukai rasa peterseli, Anda bisa mencampurnya dengan buah-buahan yang beraroma kuat, termasuk cranberry atau blueberry untuk hasil terbaik.

7. Mengkonsumsi apel dan jus apel

Apel juga padat nutrisi. Kandungan asamnya yang tinggi dapat membantu ginjal menjaga keasaman dalam urin, kemungkinan menghambat pertumbuhan bakteri lebih lanjut. Buah ini juga memiliki sifat anti-inflamasi, yang mungkin bermanfaat dalam membantu ginjal untuk menyembuhkan setelah infeksi. Anda belajari lebih lanjut tentang banyak manfaat apel bagi kesehatan.

8. Mandi garam epsom

Garam Epsom dan air hangat dapat mengurangi rasa sakit. Ini dapat membantu untuk mengurangi efek samping yang tidak nyaman dari infeksi ginjal. Karena sakit perut kadang-kadang merupakan gejala antibiotik, serta infeksi ginjal, ini juga bisa membantu bahkan setelah gejala dari infeksi ginjal teratasi.

9. Gunakan penghilang rasa sakit non-aspirin

Penghilang rasa sakit non-aspirin dapat membantu meredakan ketidaknyamanan. Ibuprofen, termasuk Motrin dan Advil, serta acetaminophen (Tylenol) juga dapat membantu menurunkan demam yang disebabkan oleh infeksi.

10. Menerapkan terapi panas

Saat Anda menunggu antibiotik untuk bereaksi, Anda dapat menggunakan terapi panas untuk mengurangi rasa sakit. Oleskan bantal pemanas atau botol air panas ke area yang terkena, dan tahan di tempat itu selama sekitar 20 menit setiap kali.

Terapi lainnya

Cuka apel

Bagaimana dengan cuka sari apel?

Cuka sari apel adalah salah satu pengobatan rumah yang paling populer, tidak peduli apa pun jenis kondisi yang Anda coba obati. Ini disebut-sebut oleh beberapa orang sebagai obat untuk infeksi ginjal, juga, berkat sifat antibakterinya. Namun, tidak ada bukti atau penelitian yang mendukung penggunaan ini.

Bubuk soda kue

Bagaimana dengan baking soda?

Soda kue terkadang digunakan sebagai obat rumah untuk infeksi ginjal, dengan beberapa orang percaya bahwa soda dapat membantu detoksifikasi ginjal dengan membantu ginjal menyaring lebih baik. Namun, tidak ada juga bukti untuk mendukung hal ini.

Sebaliknya, bahkan mungkin berbahaya untuk mencoba menggunakan baking soda untuk tujuan ini. Sebuah studi pada tahun 2013 menemukan bahwa penyalahgunaan soda soda sebenarnya bisa menyebabkan masuk rumah sakit, terutama untuk beberapa orang yang punya ketidakseimbangan elektrolit, depresi pernafasan, atau alkalosis metabolik.

PENTING UNTUK DIINGAT

Infeksi ginjal adalah kondisi serius yang memerlukan perawatan yang cepat oleh seorang profesional berlisensi dengan antibiotik. Pengobatan rumahan dapat digunakan sebagai pengobatan komplementer untuk membantu meringankan gejala lainnya. Tetapi pastikan Anda bertanya kepada dokter Anda sebelum menggunakannya untuk memastikan, bahwa cara ini tidak akan mengganggu program perawatan Anda.

Demikianlah artikel bagaimana mengobati infeksi ginjal di rumah ini kami sampaikan. Semoga dengan memahami cara bagaimana mengobati infeksi ginjal di rumah, kita bisa menghidari resikonya. Tapi paling utama adalah, selalulah berkonsultasi dengan dokter atau paramedis profesional. (TM-ART)

Related posts

Leave a Comment