SMSI Tak Pernah Berhenti Berinovasi

Rudi Antara

topmetro.news – Rakernas ke-3 Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) resmi dibuka oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudi Antara, di Hotel Sari Pasifik Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, pada Rabu (25/7/2018) malam kemarin.

Pada pembukaan tersebut, SMSI turut meluncurkan Siber Indonesia Network (SIN) sebagai wujud kebersamaan, di mana para pengelola dan awak media online dapat saling menghimpun berita dalam sebuah wadah yang akan dipimpin oleh Pemimpin Redaksi tersendiri.

Ketua Umum SMSI, Auri Jaya, mengungkapkan rasa optimisnya atas peluncuran Siber Indonesia Network tersebut.

“Kita menciptakan News Room guna menghimpun berita yang nantinya semua berita harus bebas hoaks. Sehingga anggapan miring terhadap pemberitaan media online dapat kita minimalisir,” jelasnya dalam sambutan.

“Kita harus optimis, SMSI tak pernah menyerah berinovasi. SIN ini nantinya akan dipimpin seorang Pemred yang akan bertanggung jawab terhadap semua berita. Sebagian menganggap ikan ikan teri, tapi kita banyak dan akan menciptakan paus-paus media yang punya kompetensi,” kata Auri lagi.

Sementara, Menkominfo Rudi Antara, saat berbicara di hadapan Pengurus SMSI dari 31 Kabupaten/Kota pada Pembukaan Rakernas SMSI ke-3 tersebut juga menyinggung soal menjamurnya media online yang hampir-hampir tak terbendung.

“Betapa sulitnya Dewan Pers harus memverifikasi media online saat ini yang berjumlah 40.000 lebih. Sedangkan SMSI saat ini beranggotakan 300 media online, tahap awal cobalah verifikasi yang ini dulu,” tegas Rudi Antara.

Pada sisi lain, Menkominfo juga menyinggung terkait penggunaan domain bagi sebuah media online.

“Sekarang masih banyak menggunakan domain dot com. Seharusnya kita di Indonesia menggunakan dot co dot id. Kenapa? karena jika sebuah media online menggunakan domain dot com, ketika kita klik, dia ke luar negeri dulu, sehingga luar negeri dapat dana dari penggunaan domain tersebut,” sebutnya.

Diakhir sambutannya, Menkominfo didampingi Ketum dan Sekjen SMSI beserta Dewan Penasehat turut meluncurkan terbentuknya Siber Indonesia Network yang digagas SMSI.(TM/ERRIS)

Related posts

Leave a Comment