Trafik Layanan XL Axiata Naik Saat Pemilu 2019

Trafik Layanan XL Axiata

Topmetro.News – Trafik layanan XL Axiata sepanjang pesta Demokrasi 17 April 2019 lalu mengalami kenaikan. Perusahaan telekomunikasi Indonesia PT XL Axiata Tbk atau XL Axiata mencatat trafik layanan komunikasi selama Pemilu.

Trafik Layanan XL Axiata Tertinggi

Tercatat dalam periode antara tanggal 16 – 18 April 2019, trafik data mengalami kenaikan tertinggi hingga 24 persen dibandingkan trafik hari normal.

Sementara itu trafik voice naik empat persen.

“Kenaikan trafik data terutama didorong oleh penggunaan akses ke berbagai saluran berita yang meningkat sebesar 190 persen dibanding hari normal,” ujar Tri Wahyuningsih, Group Head Corporate Communications XL Axiata dalam keterangan resminya di Jakarta, Jumat (19/4/2019).

Dia menjelaskan akses ke sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter naik enam persen, instant messenger seperti WhatsApp, Telegram, dan lainnya juga meningkat hingga 30 persen.

“Yang menarik, akses ke games online juga naik signifikan, yaitu sampai 175 persen. Sepertinya banyak pelanggan yang memanfaatkan hari libur Pilpres untuk bersantai juga dengan bermain game,” kata Tri Wahyuningsih seperti disiarkan antaranews.

Unggah Foto dan Video

Menurutnya, sepanjang periode sehari sebelum dan setelah Pilpres 2019 kemarin masyarakat juga sangat antusias mengunggah foto dan video terkait pesta demokrasi yang berlangsung.

Ini terlihat dari naiknya data berupa foto dan video yang diunggah melalui berbagai saluran digital naik hingga tujuh persen.

Liburan Paskah dan Akhir Pekan

Data menarik lainnya, karena hari Pemilihan Presiden 2019 adalah hari libur dan berdekatan dengan hari libur Paskah dan libur akhir pekan, maka banyak warga yang memilih pulang kampung atau juga berlibur sambil sambil mengikuti pencoblosan.

Hal ini terlihat dari berpindahnya lokasi pelanggan dari area lokasi awal ke area lain. Khusus pelanggan di area Jabodetabek, paling banyak berpindah ke Jawa Barat.

FOKUS XL AXIATA BANGUN JARINGAN DI LUAR JAWA, RP 7,5 T DIINVESTASIKAN

Seperti diberitakan Topmetro.News sebelumnya, fokus XL Axiata kini membangun jaringan di luar Jawa. Setidaknya, fakta teranyar operator telekomuniksi ini justru menambah anggaran belanja. Tahun ini saja, digelontorkan Rp 7,5 triliun. Itu berarti, jumlahnya naik dari tahun sebelumnya, yakni sekitar Rp 6,8 triliun.

Moh Adlan bin Ahmad Tajuddin, Direktur Keuangan XL Axiata mengungkapkan, anggaran belanja modal (capex) itu sengaja ditambah. Tujuannya membangun infrastruktur jaringan di Indonesia. Salah satu yang menjadi fokusnya adalah pembangunan jaringan data, baik 4G maupun 3G, di luar Pulau Jawa.

“Investasi XL untuk pembangunan jaringan naik tahun ini. Yang kami lakukan bukan hanya pembangunan BTS, kami juga akan fiberisasi jaringan kabel optik,” kata Adlan di Banyuwangi, baru-baru ini.

Reporter | JEREMITARAN

Related posts

Leave a Comment