Fokus XL Axiata Bangun Jaringan di Luar Jawa, Rp 7,5 T Diinvestasikan

fokus xl axiata

Topmetro.News – Fokus XL Axiata kini membangun jaringan di luar Jawa. Setidaknya, fakta teranyar operator telekomuniksi ini justru menambah anggaran belanja. Tahun ini saja, digelontorkan Rp 7,5 triliun. Itu berarti, jumlahnya naik dari tahun sebelumnya, yakni sekitar Rp 6,8 triliun.

fokus xl axiata2
foto | jawapos

Dukung Fokus XL Axiata untuk Capex

Moh Adlan bin Ahmad Tajuddin, Direktur Keuangan XL Axiata mengungkapkan, anggaran belanja modal (capex) itu sengaja ditambah. Tujuannya membangun infrastruktur jaringan di Indonesia. Salah satu yang menjadi fokusnya adalah pembangunan jaringan data, baik 4G maupun 3G, di luar Pulau Jawa.

“Investasi XL untuk pembangunan jaringan naik tahun ini. Yang kami lakukan bukan hanya pembangunan BTS, kami juga akan fiberisasi jaringan kabel optik,” kata Adlan di Banyuwangi, baru-baru ini seperti dikutip Topmetro.News dari JawaPos.

Perluas Pembangunan Jaringan di Wilayah Terpencil

Sementara itu, Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D. Yosetya menerangkan, perusahaannya bakal memperluas wilayah pembangunan jaringan di Kawasan Indonesia Timur. Khususnya di wilayah terpencil.

“Dari sisi teknis, XL akan menyasar Indonesia bagian timur untuk dilakukan pembangunan BTS di wilayah terpencil. Hal ini juga untuk mendukung program pemerintah daerah.”

Dia mengungkapkan, selama 2018 lalu, kontribusi trafik layanan data di berbagai wilayah luar Jawa tumbuh sangat signifikan.

Wilayah Prioritas Termasuk Sumatera

Wilayah itu meliputi Sumatera, Kalimantan dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Area lainnya, Sulawesi juga terlihat permintaan pasar yang tumbuh cukup kuat, sehingga wilayah ini akan menjadi salah satu prioritas pembangunan jaringan data.

Saat ini wilayah Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat juga sudah mulai bagus. Pun dengan wilayah Maluku hingga Papua.

Selain wilayah timur, Yessie menambahkan, XL Axiata juga telah membangun jaringan di Indonesia bagian barat, yakni di Kepulauan Anambas.

Dengan rencana perluasan jaringan ini, Fokus XL Axiata dapat terealisasi  untuk menjangkau sekitar 95 persen populasi di Indonesia dari ujung barat ke wilayah timur Indonesia.

“Pada 2019 ini kami akan konsisten bangun jaringan di luar Pulau Jawa. Ke depan jangkauan XL di luar Pulau Jawa akan semakin luas lagi.”

baca juga | IDUL FITRI, TAK PERLU TAKUT KEHABISAN KUOTA XL

Seperti diberitakan Topmetro.News – sebelumnya selama Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri, tak perlu takut kehabisan kuota XL.

Pasalnya untuk melengkapi kelancaran dan kenyamanan berkomunikasi selama Ramadhan hingga Mudik, PT XL Axiata meluncurkan promo terbarunya yakni Xtra Kuota Ramadhan yang dibanderol dengan harga mencengangkan mulai dari Rp 500.

Oloan Martua Rajagukguk, Regional Marketing Manager XL Axiata mengatakan selama bulan Ramadhan ini kebutuhan para pelanggan akan kuota data semakin meningkat terutama jelang sahur dan berbuka.

Xtra Kuota Ramadhan ini, ujar Oloan Martua Rajagukguk, sebuah terobosan baru dari XL Axiata untuk para penikmat video streaming dan sosial media selama bulan Ramadhan, jadi tak perlu takut kehabisan kuota XL.

Reporter | JEREMITARAN

Related posts

Leave a Comment