Wajib Tau, Bahayanya Menyimpan Telur di Dalam Kulkas

TOPMETRO.NEWS – Kebanyakan ibu – ibu di seluruh dunia , mempunyai kebiasaan untuk menyimpan telur di dalam kulkas . Bahkan kita tahu di dalam kulkas memang terdapat sebuah ruang yang sengaja dibuat sebagi tempat untuk menyimpan telur .

Sampai detik ini masih banyak orang yang beranggapan , bahwa menyimpan telur dalam kulkas dapat mengurangi atau mencegah tumbuhnya bakteri salmonella . Selain itu ada pula yang berpendapat hal tersebut juga dapat mengurangi terjadinya keracunan makanan dan meningkatkan kualitas rasa dari telur tersebut .

Sayangnya , baru – baru ini study dari beberapa ilmuan mengungkapkan bahwa menyimpan telur dalam lemari es tidaklah sehat .

Nah, berikut ini ada beberapa alasan yang akan membuat anda berfikir 2x bila ingin menyimpan telur ke dalam kulkas .

1.Mengakibatkan Terjadinya Pergantian Bakteri
Sebuah riset di Eropa menunjukkan apabila sebuah telur disimpan dalam lemari pendingin atau kulkas , hal tersebut dapat mengakibatkan terjadinya kondensasi . Kondensasi ini menyebabkan pergantian bakteri dari cangkang yang masuk ke dalam telur . Sudah tentu hal ini membuat telur jadi tak sehat untuk di konsumsi .

2. Telur Jadi Cepat Membusuk
Penelitian terbaru juga menyebutkan telur yang disimpan dalam kulkas akan cepat membus*k berbeda dengan telur yang disimpan pada suhu ruangan biasa . Untuk itu sebaiknya anda menjauhi menyimpan telur di dalam kulkas .

3. Kualitas Alami Telur Mengalami Penurunan
Banyak orang yang belum tau kalau menyimpan telur dalam lemari pendingin dapat menurunkan kualitas serta kesegaran dari telur itu sendiri . Bagi anda yang suka membuat kue, memakai telur yang disimpan pada suhu ruangan biasa pastinya jauh lebih baik ketimbang menggunakan telur yang di simpan dalam kulkas . Sebab telur yang dingin bisa membuat kue sulit untuk padat .

Nah, setelah tahu beberapa alasan diatas sebaiknya anda mengganti kebiasaan untuk menyimpan telur di dalam kulkas . Perlu anda ingat telur yang tidak disimpan dalam suhu dingin seperti kulkas dapat bertahan dalam 7 – 10 hari . Jadi yakinkan diri anda untuk mengkonsumsi telur dalam kurun waktu tersebut .

Tapi ada sebuah pengecualian , dimana jika ada satu telur yang terinfeksi oleh bakteri salmonela secara otomatis semua telur yang disimpan dalam satu tempat dengan telur tersebut juga akan ikut terinfeksi . Untuk mengatasi hal tersebut , anda bisa mendinginkan sebentar telur di dalam kulkas untuk membunuh bakteri .(TMN)

Related posts

Leave a Comment