Sumut Juara II Pekan Lingkungan Hidup dan Kehutanan ke-23

dinas lingkungan hidup

topmetro.news – Pemprov Sumut melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sumut meraih gelar juara II di ajang Pekan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (PLHK) ke-23 tahun 2019 di Senayan, Jakarta Convention Center (JCC).

Acara ini berlangsung tiga hari, 11-13 Juli dengan tujuan, yaitu: 1. Menyediakan informasi publik tentang produk ramah lingkungan, 2. Sebagai media masyarakat Indonesia untuk berpartisipasi nyata dalam pengelolaan lingkungan hidup dan pelestarian hutan, 3. Mendorong kalangan dunia usaha untuk meningkatkan investasi hijau, dan 4. Sosialisasi peraturan dan tata kelola yang ramah lingkungan, baik dalam bentuk barang/jasa di instansi masing-masing.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sumut Binsar Situmorang kepada wartawan, Selasa (16/7/2019), di Kantor DLH Sumut Jalan Tengku Daud Medan.

Promosi Bidang Lingkungan

Selain itu, kata dia, acara tersebut juga sebagai ajang penampilan prestasi dan program-program di bidang lingkungan hidup dan kehutanan. Juga sebagai sarana promosi dan publikasi berbagai produk serta jasa di bidang lingkungan.

Stan DLH Sumut dalam PLHK ke-23 ini, kata dia, menyediakan informasi terkait dengan kebijakan dan strategi pengelolaan sampah rumahtangga dan sampah sejenis rumahtangga Provinsi Sumut 2018-2023. Juga isu-isu strategis daerah Provinsi Sumut. Kemudian sasaran prioritas pembangunan Provinsi Sumut (Pembangunan infrastruktur yang baik dan berwawasan lingkungan), serta Geopark Kaldera Toba.

Selain informasi persampahan, lanjut dia, nuansa stan DLH Sumut memang menonjolkan Danau Toba. Khususnya tentang spesies endemik Danau Toba, andaliman, yang menarik minat pengunjung.

“Konservasi hayati ini mampu memberikan nilai tambahan ekonomi sekaligus memberikan nuansa baru untuk membangkitkan nilai-nilai kearifan lokal tradisional lokal Sumut. Beberapa produk kreatif dari bahan limbah aneka barang rumahtangga yang dibuat dari anyaman koran bekas. Dan produk-produk olahan mangrove juga ikut meramaikan stan DLH Sumut,” katanya.

Dia menuturkan, DLH Sumut selalu aktif setiap tahunnya mengikuti kegiatan PLHK mulai 1996. Mereka bekerjasama dengan mitra yang komitmen dan konsisten mendukung pemerintah dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup di Sumut.

reporter | Erris JN

Related posts

Leave a Comment