#

Begini Cara Kembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus

mengembalikan chat WhatsApp

topmetro.news – Tidak sengaja menghapus chat WhatsApp tentu membuat siapa saja panik. Namun, sudah tidak perlu panik. Coba tips berikut ini untuk dapat mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus.

Mungkin bukan masalah besar jika chat yang kamu terima tidaklah terlalu penting. Beda cerita jika chat tersebut berisi hal penting yang tidak bisa kamu abaikan pesannya.

Namun, perlu diingat, mengembalikan chat WhatsApp yang sudah terhapus tanpa melakukan beberapa cara berikut ini sebelumnya tentu sangat mustahil.

Beberapa cara berikut ini bisa kamu lakukan sebagai usaha untuk menghindari kejadian tidak sengaja menghapus chat WhatsApp. Kalau penasaran, simak step-by-step berikut ini.

BACA | Exynos 990 Diumumkan, Benarkan Akan Jadi ‘Otak’ Samsung Galaxy S11

Fitur Backup

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus adalah dengan mengaktifkan fitur backup di aplikasi WhatsApp.

Saat ini, WhatsApp sudah menyediakan fitur backup otomatis ke Google Drive. Ini memungkinkan penggunanya untuk langsung melakukan backup dengan mudah.

Untuk mengaktifkannya, langsung masuk ke WhatsApp, lalu ke ‘Settings’ yang ditandai dengan titik tiga yang berada di pojok kanan tampilan WhatsApp.

WhatsApp di iPhone (kiri), WhatsApp di Android (kanan) | hitekno.com

Selanjutnya, masuk ke ‘Chats’, lalu ke ‘Chat Backup’, pilih ‘Backup to Google Drive’.

WhatsApp di iPhone (kiri), WhatsApp di Android (kanan) | hitekno.com

Jangan lupa untuk memilih jangka waktu yang dibutuhkan untuk melakukan backup. WhatsApp menyediakan tiga pilihan. Yaitu harian, mingguan, dan bulanan.

Jika kamu cukup teledor hingga sering tidak sengaja menghapus chat, lebih baik pilih fitur backup harian atau daily.

WhatsApp di iPhone (kiri), WhatsApp di Android (kanan) | hitekno.com

Biasanya, kamu akan diminta untuk memilih akun Google yang digunakan untuk backup. Selain itu, jaringan yang digunakan saat backup juga perlu untuk kamu pilih. Sebagai saran, pilih backup dengan jaringan WiFi, agar kuota internet kamu tidak cepat habis.

Kalau sudah melakukan backup secara rutin, saat ada chat yang terhapus, kamu tidak perlu panik. Tinggal melakukan restore data dan chat terhapus akan kembali seperti semula.

sumber | hitekno.com

Related posts

Leave a Comment