Selamatkan Pasien Stroke dalam Tempo 60 Menit

Selamatkan pasien stroke

TOPMETRO.NEWS – Selamatkan pasien stroke, mungkin Anda juga bisa! Sekadar diketahui, stroke sering disebut sebagai pembunuh tiba-tiba atau silent killer. Karena tiba-tiba, maka serangannya datang tanpa permisi dan gejala yang tak disadari. Seseorang semula sehat bugar ketika terserang stroke bisa lumpuh seketika bahkan hingga tak sadarkan diri. Mengerikan, bukan?

Selamatkan Pasien Stroke Akibat Penyumbatan

Terkait pertolongan pertama pada seseorang yang menderita stroke, Perhimpunan Dokter Hipertensi Indonesia (PERHI) dalam Gerakan Peduli Hipertensi yang diwakili Dokter Spesialis Saraf dr. Eka Harmeiwaty, SpS, mengatakan penting untuk diketahui apabila seseorang mengalami stroke akibat penyumbatan.

artikel untuk Anda | UNTUNG ADA TNI, BERSAMA MASYARAKAT, NKRI UTUH TERJAGA

Sebab dia dapat selamat dari kematian dan kecacatan apabila segera untuk selamatkan pasien stroke dalam kurun waktu 4,5 jam pasca serangan.

Segera Bawa ke Rumahsakit

Dengan begitu, masyarakat disarankan segera membawa pasien stroke ke rumah sakit ketika gejala atau tanda stroke sudah terlihat.

“Pasien stroke yang datang ke rumah sakit dalam waktu kurang 60 menit (pertama serangan stroke) menunjukan hasil pengobatan yang baik dimana 25 persen segera menjadi pulih,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (12/12/2019).

Kenali gejala Stroke

Untuk itu, masyarakat juga diharapkan dapat mengenali gejala stroke yang beragam.

Hal termudah, dengan metode Face Arms Speech Time (FAST). F adalah singkatan untuk Face, yakni memperhatikan wajah pasien apakah turun sebelah atau mencong, A atau Arm untuk menilai apakah ada kelemahan pada salah satu lengan atau tangan. S atau Speech untuk menilai apakah ada kesulitan berbicara seperti pelo.

“Bila tanda-tanda ini terlihat, jangan buang waktu segera hubungi tenaga medis untuk mendapatkan pertolongan yang ditandai dengan T atau Time,” katanya.

Faktor Penyebab Serangan Stroke

Faktor risiko atau kelompok berisiko terserang stroke di antaranya darah tinggi, kolesterol, diabetes, kegemukan dan merokok.

Maka wajib bagi siapa saja saat ini meningkatkan gaya hidup sehat dengan menjaga tekanan darah, gula darah dan kolesterol.

Atur pola makan dan tingkatkan aktivitas fisik dengan berolahraga.

baca selengkapnya | WANITA KENA STROKE KARENA KECANDUAN MOBILE LEGENDS

Seperti diwartakan topmetro.news sebelumnya seorang pengguna media sosial bernama Mhary Mundoc Idanan belakangan viral di Facebook karena mengunggah kisah bagaimana dirinya terkena stroke. Menurut Mhary ia kena stroke di usia relatif muda (23 tahun) akibat kecanduan bermain game ponsel Mobile Legends.

Sehari-hari Mhary mengaku bisa bermain dari jam 10 malam sampai jam 6 pagi. Ini artinya di sela kesibukan setiap hari, hanya sedikit waktu untuk tidur mengistirahatkan diri.

Dalam unggahan yang sama, Mhary juga menunjukkan foto dirinya sedang terbaring lemas di rumah sakit. Banyak warganet berkomentar mengingatkan agar orang-orang jangan lupa diri bermain game sampai tidak makan dan istirahat.

sumber | jawa pos

Related posts

Leave a Comment