Benny Harahap: Kapoldasu Diharapkan Segera Ungkap Kasus Dugaan Pembunuhan Hakim PN Medan

Irjen Pol Martuani Sormin

topmetro.news – Kapolda Sumut yang baru dilantik, Irjen Pol Martuani Sormin diharapkan sesegera mungkin bisa mengungkap kasus dugaan pembunuhan terhadap hakim PN Medan Jamaluddin SH MH.

Korban yang juga menjabat Humas PN Medan itu ditemukan tewas di lantai jok belakang kemudi mobilnya, Jumat (29/11/2019), di areal perkebunan kelapa sawit Dusun II Namo Bintang Desa Sukadame, Kecamatan Kutalimbaru, Kabupaten Deli Serdang.

Harapan itu disampaikan advokat dikenal kritis asal Medan, Hasrul Benny Harahap, Senin malam (30/12/2019).

“Publik masih menantikan pengungkapan kasusnya. Hal itu juga merupakan ‘PR’ bagi Poldasu dan jajarannya. Agar sesegera mungkin mengungkap kasus kematian Hakim Jamaludin tersebut,” tegasnya.

Alumnus Fakultas Hukum USU Medan itu juga optimis, Kapolda Sumut yang baru dilantik, Martuani Sormin, akan bertindak profesional dan proporsional mengungkap teka-teki seputar kasus kematian Hakim Jamuddin.

Termasuk untuk menjawab rumor panas yang sempat berseliwiran di tengah-tengah publik. Di antaranya tentang dugaan adanya ‘otak’ pelaku tewasnya hakim dikenal humoris tersebut.

Ketua PN Medan

Harapan senada juga diungkapkan Ketua PN Medan Sutio Jumagi Akhirno ketika melayat jenazah korban bersama para hakim, panitera, pegawai pengadilan di Kamar Jenazah RS Bhayangkara Medan, Jumat malam (29/11/2019) lalu.

Jamaluddin di mata sesama hakim, panitera, maupun pegawai di lingkungan PN Medan, adalah sosok yang ceria dan humoris.

Dua pekan lalu, keluarga almarhum Jamaluddin yakni istri dan anak-anaknya, juga secara khusus menemui orang pertama di PN Medan tersebut. Mereka menyampaikan harapan turut memberikan support kepada penyidik untuk percepatan pengungkapan kasusnya.

Orang Dekat

Kapolda Sumut (ketika itu Agus Andrianto) kepada awak media juga sudah memberikan semacam sinyal. Bahwa pelakunya diduga kuat ‘orang dekat’ korban. Namun setelah lebih sebulan, belum ada statemen resmi dari penyidik tentang siapa tersangkanya dan motif dugaan pembunuhan tersebut.

BACA JUGA | Hakim PN Medan Tewas, Penyelidikan Polisi Sudah Mengarah ke Pelaku

Kebun Sawit

Dilansir sebelumnya, usai diautopsi, jenazah Jamaluddin langsung diberangkatkan ke kampung halamannya di Desa Nigan, Kecamatan Seunagan, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD).

Pemberangkatan jenazah korban dilepas langsung Ketua PN Medan Sutio bersama para hakim dan panitera serta pegawai pengadilan.

Warga menemukan mobil Land Cruiser, BK 77 HD dalam posisi menabrak pohon kelapa sawit di kawasan perkebunan Dusun II Namo Rindang, Desa Sukarame, Kecamatan Kutalimbaru, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat (29/11/2019). Warga kemudian melaporkan hal itu kepada pihak kepolisian.

Kapolsek Kutalimbaru melalui Kanit Reskrim Iptu R Ginting saat dikonfirmasi wartawan ketika itu menyebutkan, ada dugaan korban pembunuhan. “Untuk sementara kita menduga temuan korban pembunuhan. Untuk korban ditemukan di lantai mobil bagian bangku tengah dengan posisi miring dengan wajah mengarah ke bagian depan,” katanya.

Ternyata setelah dilakukan pengecekan, pria yang ditemukan dalam kondisi tak bernyawa bernama Jamaluddin yang merupakan hakim di PN Medan.

reporter | Robert Siregar

Related posts

Leave a Comment