Anggota DPRD Medan Ikut Cegah Covid-19 dengan Penyemprotan Disinfektan

Upaya penanggulangan Virus Corona

topmetro.news – Upaya pencegahan dan penanggulangan penyebaran Virus Corona terus dilakukan. Baik oleh pemerintah, maupun elemen masyarakat.

Seperti halnya yang dikakukan anggota DPRD Medan, Dedy Aksyari Nasution. Sabtu (4/4/2020) dari pagi hingga sore, Dedy bersama timnya melakukan penyemprotan disinfektan di kawasan Kecamatan Medan Area, Medan Denai, dan Medan Kota.

Dengan mengerahkan satu unit mobil pickup membawa peralatan penyemprotan, Dedy dan timnya menyusuri jalan dan gang. Mereka menyemprot disinfektan ke rumah-rumah warga. Selain itu, Defy juga membagi-bagikan masker secara gratis kepada masyarakat.

Kepada media di sela-sela melakukan penyemprotan di Jalan Rahmadsyah, Medan Area, Dedy mengungkapkan aksi sosial ini dilakukannya karena merasa terpanggil untuk berperan serta melakukan pencegahan Covid-19.

“Penyemprotan ini kita lakukan karena khawatir dengan penyebaran Covid-19 ini. Makanya salah satu yang dapat kita lakukan adalah upaya pencegahan dengan penyemprotan disinfektan ke rumah-rumah warga dan fasilitas umum lainnya. Serta membagikan masker gratis,” ujar Dedy.

Covid-19 Tanggungjawab Bersama

Politisi Partai Gerindra itu mengungkapkan, upaya pencegahan Covid-19 ini tidak saja tanggungjawab pemerintah. “Tapi tanggungjawab kita bersama,” tegasnya.

Selain dilakukan penyemprotan, kata Dedy, imbauan pemerintah untuk melakukan jaga jarak harus dipatuhi. “Artinya kesadaran masyarakat juga diharuskan mentataati imbauan tersebut demi menyetop penularan Covid-19,” ujar Dedy.

Begitu juga dengan himbauan untuk menghindari kerumunan orang, lanjut Dedy, kharus dipatuhi. “Berdiam diri dulu di rumah merupakan salah satu upaya terbaik memghindari dan mencegah penularan Covid-19,” ungkap Dedy.

Di samping itu, Ketua Pansus Ranperda Revisi Perda RTRW Kota Medan tersebut mengingatkan semua agar selalu mencuci tangan pakai sabun. Dan selalu menggunakan masker jika hendak keluar rumah.

Di sisi lain, Dedy mendesak Pemko Medan segera mengambil kebijakan untuk membantu masyarakat yang terkena dampak kasus Covid-19. Terutama masyarakat yang selama ini menggantungkan hidupnya dari usaha atau pekerjaan informal.

“Memang kita menyadari dampak kasus Covid-19 ini berimbas terhadap semua lapisan masyarakat. Tapi yang sangat berdampak kan kalangan masyarakat bawah yang bekerja harian. Makanya pemko harus segera mengambil kebijakan,” pungkasnya.

reporter | Jeremi Taran

Related posts

Leave a Comment