Pemkab Sergai Susun Strategi lanjut Penanganan Kasus Covid-19 Dengan Seluruh Rumah Sakit

Pemkab Sergai

topmetro.news – Bupati Sergai Ir H Soekirman laksanakan pertemuan guna menyusun Strategi Penanganan Kasus Covid 19 dengan Seluruh Rumah Sakit yang dilakukan Pemkab Sergai di Kabupaten Serdang Bedagai, di Aula Rumah Sakit Melati Kecamatan Perbaungan, Jumat (3/4/2020).

Hadir dalam giat ini, Bupati Sergai Ir H. Soekirman, mewakili Ketua DPRD James Hotlan Pangaribuan, SE, Kadis Kesehatan dr. Bulan Simanungkalit, M. Kes, Kadis Kominfo Drs H Akmal AP, M. Si, Kepala RS Pemerintah dan Swasta se-Sergai, serta Stakeholder terkait.

Bupati Sergai Ir. H Soekirman mengapresiasi terhadap manajemen seluruh Rumah Sakit di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat yang telah membantu pemerintah sesuai dengan himbauan Presiden RI dan Gugus Tugas Nasional dalam rangka penanganan Virus Corona ini.

Pemkab Sergai Bakal Siapkan RS Isolasi Penderita Covid-19

Dengan pertemuan tentang kesiapan hari ini, kita bukan berharap besok ada pasien penderita Covid-19 yang akan di rawat di sini. Akan tetapi jika RS ini bersama RS Pabatu dan RS Trianda bisa menjadi yang terdepan untuk berupaya sekuat tenaga mempunyai ruang isolasi, itu merupakan upaya yang luar biasa. Sebab RS rujukan kita masih ada di Medan yaitu RS Adam Malik dan RS F.L Lumbantobing di Tanjung Morawa.

Membayangkan jika ada orang yang dicurigai terpapar virus kemudian pergi ke Medan malah dikhawatirkan justru dipulangkan juga yang akhirnya terombang-ambing dan tidak diketahui secara pasti apakah dia terkena virus atau tidak sehingga menjadi bertambah sakit karena dipindah kesana-kemari.

Bahwa kepanikan adalah sebagian dari penyakit dan ketenangan adalah separuh dari obat. “ meskipun belum minum obat, jika tetap tenang dan tidak panik maka kita akan separuh baik ditambah kesabaran mudah-mudahan menjadi kesembuhan.

Covid-19 ini telah menyebar di 31 provinsi se-Indonesia. Berbagai usaha dilakukan dalam mengantisipasi corona serta melakukan refocusing dan realokasi anggaran demi menanggulangi Covid-19 ini.

Terdapat empat poin dalam pertemuan ini yang ditekankan agar segera ditindaklanjuti yaitu yang pertama, agar alat rapid test diusahakan dapat segera diberikan kepada RS Rujukan.

Kemudian kedua, pemenuhan Alat Pelindung Diri (APD) guna memberikan rasa aman bagi tenaga medis sebagai garda terdepan.

Sosialisasi Pencegahan Covid-19

Selanjutnya tetap melaksanakan sosialisasi tentang bahaya dan pencegahan Corona serta yang keempat jangan panik agar dapat menanggulangi virus ini dengan bersama-sama sehingga menjadi lebih baik.

Kadis Kesehatan Pemkab Sergai, dr Bulan Simanungkalit, M. Kes mengapresiasi dan menyampaikan kebanggaan atas hadirnya kita semua pada hari ini. Semua yang hadir termasuk Direktur RS Pabatu, RS Melati, RS Trianda, RS Sawit Indah dan yang lainnya. Dimana selama penyebaran Covid-19 di Indonesia khususnya di Sergai, RS ini sangat cepat dan siaga untuk membantu pemerintahan di dalam memutus rantai penyebaran pandemi Covid-19 ini.

Baca Juga: Pemkab Sergai Gelar Rapat Terkait Merebaknya Virus Covid-19

RS di sini sangat siap dan tidak pernah ada penolakan pasien baik ODP maupun PDP. Kita sudah berikan apresiasi kepada pihak RS dengan memberikan APD sesuai yang diamanatkan oleh pimpinan daerah dan kita upayakan memberikan APD tersebut walaupun masih dalam keadaan keterbatasan. Semua pimpinan RS pemerintah maupun swasta masih terus berusaha dalam pemenuhan kebutuhan APD ini,” kata Kadis Kesehatan Pemkab Sergai.

James Hotlan Pangaribuan, SE (Mewakili Ketua DPRD) memberi masukan dan saran dalam rangka mempercepat penanganan lanjut Covid-19 antara lain, pertama semua RS di Sergai dapat mengoptimalkan sinergitas antara satu RS dengan RS lainnya termasuk dengan Puskesmas dan klinik yang ada terkait penanganan Corona ini.

Reporter | Dina Mariana

Related posts

Leave a Comment