Honda Bikin Robot Pemotong Rumput Dijual Rp33 Juta

TOPMETRO.NEWS – Honda membuat robot pemotong rumput yang mereka namakan Miimo. Miimo sudah dijual dengan harga termurah 2.499 dollar Amerika Serikat (Rp33,23 juta).

Sayangnya, pemberitaan Carscoops, Rabu (12/4/2017) dilansir dari Suara.com. hanya menyebutkan Amerika Serikat sebagai pasar Miimo saat ini. Belum diketahui, apakah robot berukuran kecil ini telah atau akan dijual di negara lain, termasuk Indonesia.

Miimo memiliki bobot kurang dari 12 kg dan mampu menganalisa luas lapangan rumput, plus mendeteksi berbagai penghalang seperti pohon. Analisa serta deteksi itu dilakukan dengan bantuan semacam kabel pembatas yang musti dipasang mengitari lapangan rumput sebelum pemakaian. Miimo juga dipersenjatai sensor 360 derajat dan floating cover.

Selanjutnya, robot ini akan memotong rumput secara otomatis dan berkala. Miimo juga akan secara otomatis menuju ke tempat pengisian daya dan mengisinya ulang jika energi baterai tinggal 30 persen.

Miimo sendiri mempunyai fitur lima model pengguntingan rumput yang bisa dipilih pengguna dan fitur Anti-theft.

Tenaga dari robot ini disuplai oleh baterai ion-lithium. Varian terendahnya, Miimo HRM 310, disokong baterai berkapasitas 22,2 volt yang mampu bertugas selama 30 menit non-stop. Ada pula Miimo HRM 520 dengan baterai berkapasitas lebih besar dan waktu kerja hingga 60 menit non-stop.(TMN)

Related posts

Leave a Comment