Tangkis Corona, Malaysia Tolak WNI, India dan Filipina

Malaysia tolak WNI

TOPMETRO.NEWS – Malaysia tolak WNI dan warga sejumlah negara di Asia termasuk India dan Filipina. Negeri tetangga itu menyatakan menutup pintu untuk warga di tiga negara itu sejak 7 September mendatang. Kebijaksanaan ini diberlakukan menyusul kian tingginya jumlah kasus virus Corona di 3 negara dimaksud.

Malaysia Tolak WNI Berstatus Pelajar dan Keluarga

Mengutip Bloomberg, Selasa (1/9/2020) pembatasan itu berlaku juga untuk pelajar, ekspatriat, permanent residents dan juga anggota keluarga.

Hal itu disampaikan Menteri Pertahanan Malaysia Ismail Sabri Yaakob.

Kian Menutup Diri

Hal ini berarti Malaysia kian menutup dirinya untuk warga negara asing. Malaysia sejak Maret sudah melarang turis asing masuk. Keputusan itu diambil dalam sidang menteri Malaysia.

“Meeting hari ini diputuskan untuk menerapkan larangan masuk warga India, Indonesia, dan Filipina ke Malaysia,” ujar Ismail, Selasa (1/9/2020).

“Penutupan ini berlaku untuk Permanent Residents (PR), pemilik Malaysia My Second Home (MM2H), ekspatriat dalam semua kategori, mereka yang memiliki visa pasangan, dan pelajar yang merupakan warga negara dari negara yang dimaksud,” ujarnya.

Dianggap Kebijakan Paling Efektif

Keputusan ini menurutnya merupakan saran dari Kementerian Kesehatan Malaysia, yang merasa larangan masuk akan menjadi metode paling efektif untuk mengurangi kasus impor Corona di Malaysia.

“Malaysia akan terus memonitor situasi dan bisa memperlebar larangan jika virus kembali meningkat di banyak negara,” ujar Ismail.

Larangan masuk juga berlaku buat pasangan dari warga Malaysia dan pelajar yang biasanya masih diperbolehkan untuk melakukan perjalanan ke Malaysia di masa perjalanan yang ketat di kala pandemi ini.

Tunggu Warga Malaysia dari Luar Negeri

“Kami sudah mulai mengetatkan pintu perbatasan dengan tidak mengizinkan orang dari 3 negara itu untuk memasuki Malaysia,” ujarnya.

Pihaknya juga kini sedang menyiapkan kepulangan warga Malaysia dari negara-negara yang tengah mengalami musim dingin.

BACA SELENGKAPNYA | Di Malaysia, tak Sengaja Injak Tangan Jemaah, Pria Ini Ditampar hingga Wajah Ditendang

Seperti diwartakan TOPMETRO.NEWS sebelumnya, injak tangan jemaah secara tak sengaja lantas mengamuk.

Inilah yang terjadi di sebuah masjid di Malaysia. Sontak media sosial diramaikan dengan video aksi seorang pria memukul hingga menendang wajah jemaah pria lainnya. Aksi tersebut terjadi lantaran pria itu diduga tak sengaja menginjak tangan salah seorang jemaah di rumah ibadah itu.

Aksi itu terekam dalam kamera CCTV dan diunggah akun Twitter @republikkonten.

reporter | Dpsilalahi
sumber/foto | riausky/hawaipublic

Related posts

Leave a Comment